Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Neeraj Chopra memberikan India medali emas Olimpiade pertamanya

Subedar Neeraj Chopra merupakan atlet lempar lembing India, dan Junior Commissioned Officer (JCO) di Angkatan Darat India . Per 7 Agustus 2021, ia telah mengumpulkan enam medali emas di turnamen besar di seluruh dunia. Dia adalah Juara Olimpiade yang berkuasa , dan atlet lintasan dan lapangan pertama yang memenangkan medali emas untuk India di Olimpiade .

Dalam Kejuaraan Dunia U20 IAAF 2016 , Chopra memecahkan rekor dunia U-20 dengan 86,48 m. Dia adalah atlet India pertama yang pernah memenangkan gelar Dunia di Track and Field di U-20. Chopra juga terpilih sebagai pembawa bendera pada upacara pembukaan untuk India di Asian Games 2018 , yang menandai penampilan Asian Games pertamanya. Ia mencetak lemparan peraih medali emas (88,06m) di Asian Games 2018 dan Commonwealth Games 2018. 


dan kini neeraj Chopra berhasil menyumbangkan emas buat negaranya, pada hari Sabtu saat ia menjadi atlet India pertama yang memenangkan medali emas Olimpiade di lintasan dan lapangan.

Lemparan Chopra sejauh 87,58m mengamankan posisi teratas di podium, karena India juga memenangkan medali emas pertamanya di Tokyo 2020.
"Dalam atletik ini adalah pertama kalinya kami memiliki emas, jadi ini adalah momen yang membanggakan bagi saya dan negara saya," kata Chopra, 23 tahun, kepada wartawan.

"Di babak kualifikasi saya melempar dengan sangat baik sehingga saya tahu saya bisa berbuat lebih baik di final. Saya tidak tahu itu akan menjadi emas tetapi saya sangat senang," tambahnya.
Keberhasilan medali emasnya melengkapi perjalanan luar biasa bagi Chopra yang dimulai ketika dia memutuskan untuk menurunkan berat badan.

“Saya berasal dari latar belakang pertanian,” jelas Chopra. "Saya kelebihan berat badan dan ingin melakukan latihan kebugaran.
"Entah bagaimana aku berakhir di akademi, dan mengambil lempar lembing. Hubungan cinta dimulai dan sekarang aku di sini dengan medali ini berdiri di depanmu."

Jakub Vadlejch dan Vitezslav Vesely dari Republik Ceko masing-masing meraih perak dan perunggu.

India kini telah membawa pulang total tujuh medali di Tokyo 2020 -- satu emas, dua perak, dan empat perunggu.
Priyanka Gandhi Vadra, sekretaris jenderal partai oposisi India Kongres Nasional India, memberi selamat kepada Chopra di Twitter: "Pertunjukan yang luar biasa. Sejarah telah dibuat. India sangat bangga dengan Anda.