Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Makanan yang berbahaya dijadikan sebagai sarapan

Sarapan atau makan pagi adalah Rutinitas yang dilakukan oleh semua orang. Waktu sarapan dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 11.00 pagi. Dianjurkan menyantap makanan yang ringan bagi kerja perncernaan, sehingga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kadar serat tinggi dengan protein yang cukup namun dengan kadar lemak rendah.

Orang yang tidak sarapan cenderung lebih mudah tersinggung. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Physiological Behavior pada 1999 menemukan, seseorang yang rutin sarapan cenderung memiliki suasana hati yang lebih positif dan lebih tenang menjalani aktivitas sehari-hari.


Manfaat sarapan pagi
• Memberikan nutrisi pada otak, sehingga anak yang sarapan berprestasi lebih baik di sekolah daripada anak yang tidak sarapan
• Mengendalikan berat badan
• Membantu melindungi tubuh dari penyakit
• Lebih fokus

Setelah menganalisa, para peneliti menemukan bahwa mereka yang tidak pernah sarapan memiliki resiko 87 persen lebih tinggi terhadap kematian karena kardiovaskular dibandingkan dengan orang yang sarapan setiap hari. Ada beberapa faktor resiko kardiovaskular, misalnya diabetes, hipertensi dan kelainan lipid. Temuan ini didukung oleh penelitian sebelumnya yang secara konsisten menunjukkan bahwa melewatkan sarapan terkait dengan faktor-faktor risiko kuat untuk kematian kardiovaskular.

Ternyata ada beberapa jenis sarapan yg berbahaya 'lebih tepatnya' apabila dikonsumsi dalam jumlah besar atau kalori yg masuk tidak digunakan utk beraktivitas. So, dalam menentukan sarapan yg dapat mendukung kesehatan kita. Pilih jenis dan porsi yang pas utk kebutuhan kita Jangan sampai gara2 pilih sarapan harusnya kita perlu energi besar, eh malah bikin ngantuk sepanjang hari. Berikut 6 makanan yang berbahaya dijadikan sebagai sarapan pagi:

1. SEREAL 
Kebanyakan sereal yang dijual sekarang ini telah diberi tambahan gula yang cukup tinggi. itu sebabnya, sehingga mengandung gula yang ting9i dan dapat memicu naiknya gula darah. Jika tetap ingin sarapan sereal harus perhatikan kandungan gizi yang terdapat pada kemasan sereal.

2. SOSIS & NUGGET 
Penelitian di Harvard mengungkapkan bahwa setiap 50 gram daging olahan yang dimakan akan meningkatkan resiko menderita penyakit jantung sebanyak 42%. Jika hanya mengonsumsi daging olahan saja untuk sarapan, maka kemungkinan mengalami kegemukan dan obesitas juga akan bertamb daging olahan mengandung banyak lemak jenuh. rena biasanya.

3. MIE INSTANT 
Mie instan sangat tidak sehat untuk dijadikan menu sarapan, karena mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi, namun rendah protein, serat, vitamin dan mineral. Mie instan juga termask dalam makanan yang kaya akan kandungan natrium juga kaya kandungan monosodium glutamate. Jika dikonsumsi terlalu sering atau dalam jumlah yang banyak bisa memicu datangnya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

4. GORENGAN 
Lemak jenuh dalam gorengan dapat menyebabkan tubuh kesulitan membersihkan gula dari darah, yang pada akhirnya akan mengakibatkan kegemukan atau obesitas. Kandungan minyak yang tinggi di dalam gorengan juga bisa mengalami radang tenggorokan.

5. NASI UDUK 
Jika tidak benar-benar digunakan untuk berktivitas, maka nasi ududk bisa meningkatkan resiko terkena kenaikan berat badan, Karbohidrat sederhana yang ada di dalam nasi uduk jika dikonsumsi dengan berlebihan juga akan membuat tubuh lebih rentan mengalami rasa kantuk meski waktu belum menunjukan siang hari.

6. WAFFLE 
Makanan dengan bahan tepung, gula, susu, serta telur ini termasuk dalam makanan terburuk untuk sarapan karena tingginya kandungan tepung halus. Selain itu, topping dari pancake dan waffle biasanya memiliki kandungan sirup jagung fruktosa yang biasa memicu resistensi insulin, Kondisi yang bisa menyebabkan datangnya diabetes tipe 2.

Kalau kalian suka sarapan pagi dengan apa?