Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 list of finance jobs you can try

Bekerja di bidang keuangan bisa menjadi pilihan karir yang menarik dan menguntungkan. Ada banyak peran yang dapat Anda isi di industri keuangan, tergantung pada pengalaman dan keahlian Anda. Jika Anda terbiasa dengan berbagai pekerjaan keuangan, Anda akan diperlengkapi untuk memilih karier yang paling cocok untuk Anda. Dalam artikel ini, kami membahas berbagai jenis pekerjaan keuangan, termasuk persyaratan, tanggung jawab, dan gaji mereka.


Mengapa mendapatkan pekerjaan di bidang keuangan?

Beberapa manfaat datang dengan memiliki pekerjaan keuangan. Pertama, industri secara keseluruhan relatif aman. Selama perusahaan dan individu menghasilkan uang, mereka akan membutuhkan seseorang untuk menganalisis anggaran mereka, mengelola akun mereka, dan melindungi tabungan mereka. Kedua, pekerjaan keuangan seringkali bergaji tinggi.


Profesional keuangan seringkali diharuskan memiliki gelar dan keahlian pendidikan tertentu, sehingga mereka biasanya mendapat kompensasi yang baik. Akhirnya, pekerjaan tingkat pemula di bidang keuangan harus memungkinkan peluang untuk kemajuan. Jika Anda dapat membuktikan diri sebagai karyawan yang dapat dipercaya, kompeten, dan terampil, Anda mungkin memenuhi syarat untuk promosi atau kenaikan gaji hanya dalam beberapa tahun bekerja.


Jenis pekerjaan keuangan

Memulai karir di bidang keuangan adalah langkah yang menarik dalam perjalanan karir Anda. Sebelum Anda mulai melamar posisi, pelajari tentang berbagai jenis pekerjaan keuangan yang tersedia, termasuk:


Keuangan perusahaan

Pekerjaan di keuangan perusahaan melibatkan penanganan keuangan perusahaan atau organisasi tertentu. Pengusaha keuangan perusahaan mencari karyawan yang dapat dipercaya, berpengalaman dan terampil. Anda kemungkinan besar akan membutuhkan gelar sarjana dalam bisnis, keuangan atau manajemen. Keakraban dengan bagaimana fungsi perusahaan akan membedakan Anda dari kandidat lain. Untuk posisi entry-level, Anda juga memerlukan keterampilan organisasi, komunikasi, dan teknis yang sangat baik.


Perencanaan dan konsultasi keuangan

Jenis pekerjaan keuangan lain yang menarik adalah memberikan nasihat atau perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan melibatkan pertemuan dengan klien dan membantu mereka membuat rencana fungsional untuk dana pribadi atau keuangan bisnis mereka. Menjadi penasihat keuangan memberikan kesempatan untuk menggunakan keahlian keuangan Anda untuk membantu orang lain secara langsung. Jika Anda terbiasa dengan hukum keuangan, praktik investasi atau polis asuransi, Anda bisa menjadi aset berharga dengan menasihati perusahaan dan individu di berbagai industri.


Pelatihan untuk jenis pekerjaan ini biasanya berasal dari memperoleh gelar sarjana di bidang keuangan atau bisnis, atau melalui beberapa tahun pengalaman praktis di bidang keuangan. Beberapa keterampilan yang diperlukan untuk jenis pekerjaan ini termasuk keterampilan komunikasi, keterampilan manajemen, dan perhatian terhadap detail.


Perbankan

Perbankan adalah jenis pekerjaan keuangan yang paling terkenal. Bekerja di bank adalah pilihan karir tingkat pemula yang baik bagi seseorang yang ingin masuk ke bidang keuangan. Bank komersial menawarkan berbagai layanan keuangan, termasuk rekening giro, rekening tabungan, pinjaman, dan IRA. Anda dapat menemukan pekerjaan dalam berbagai peran, seperti:


teller bank

Manajer cabang

Petugas pinjaman

Direktur Pemasaran


Sebagian besar bank mengharuskan karyawan untuk mendapatkan gelar sarjana terlebih dahulu. Persyaratan untuk tingkat pengalaman dan keahlian khusus akan bervariasi tergantung pada posisi yang Anda minati. Jika Anda berhasil bekerja untuk cabang lokal Anda, Anda akhirnya dapat dipromosikan untuk bekerja di kantor perusahaan. Jika Anda memiliki pengalaman dengan komunikasi interpersonal, layanan pelanggan dan keterampilan administrasi, bekerja di bank bisa menjadi pilihan karir yang menguntungkan bagi Anda.


Akuntansi

Akuntan adalah bagian penting dalam menjaga kesehatan keuangan perusahaan atau individu. Mereka dapat bekerja secara mandiri, tetapi sebagian besar bekerja untuk kantor akuntan. Akuntan perusahaan menangani berbagai proses keuangan untuk memastikan perusahaan atau organisasi dapat berfungsi dengan lancar. Akuntan swasta meninjau dan memperbarui catatan keuangan klien mereka untuk memastikan mereka mengikuti hukum dan menggunakan uang mereka dengan bijak.


Akuntan biasanya membutuhkan gelar Sarjana Akuntansi, Keuangan atau Bisnis. Akuntan terbaik terampil dalam manajemen keuangan, pengambilan keputusan dan komunikasi bisnis.


Investasi

Profesional investasi pada dasarnya adalah fasilitator. Mereka membantu memasangkan individu dan perusahaan yang membutuhkan dana dengan investor yang dapat memasok mereka dengan sumber daya. Idealnya, kemitraan ini saling menguntungkan, dan profesional investasi biasanya mendapat kompensasi yang baik atas peran mereka dalam memfasilitasi hubungan tersebut.


Profesional investasi yang terampil sangat penting di bidang keuangan karena banyak individu dan perusahaan memilih untuk menginvestasikan dana mereka berdasarkan saran dari perusahaan investasi atau broker independen. Mayoritas profesional investasi memiliki gelar Sarjana di bidang Keuangan, Akuntansi atau Ekonomi. Penasihat investasi dan bankir juga harus mendapatkan izin praktik. Keterampilan penting bagi para profesional investasi termasuk komunikasi, negosiasi, dan pemikiran kritis untuk bekerja di lingkungan yang serba cepat.


Pertanggungan

Bekerja di asuransi bisa menjadi pintu masuk serbaguna ke bidang keuangan. Profesional asuransi bekerja untuk agen asuransi besar dalam berbagai peran. Anda dapat melamar pekerjaan sebagai tenaga penjual asuransi, agen, perwakilan layanan pelanggan atau aktuaris. Semua peran ini terlibat dalam memberikan kebijakan mutu untuk klien agensi.


Industri asuransi saat ini berkembang pesat, dan agensi terus mencari kandidat yang cocok untuk mengisi posisi. Anda mungkin memenuhi syarat jika Anda memiliki gelar Sarjana di bidang Keuangan, Bisnis atau Administrasi. Anda juga akan memerlukan keterampilan khusus tergantung pada jabatan yang Anda inginkan, termasuk layanan pelanggan, manajemen, komunikasi dan keterampilan interpersonal.


Jika informasi di atas menggelitik minat Anda di bidang keuangan, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengejar salah satu pekerjaan keuangan berikut 6 daftar pekerjaan keuangan yang bisa anda coba:


1. Bankir

Gaji rata-rata nasional: $40.070 per tahun

Tugas utama: Bankir diharapkan membantu nasabah dalam membuka dan memelihara rekening bank, memberi informasi kepada nasabah mengenai kebijakan bank dan langkah-langkah keamanan, dan memberi nasihat kepada nasabah tentang masalah keuangan dan menyelesaikan masalah terkait bank. Mereka juga dapat menjual layanan bank kepada klien potensial.


2. Akuntan

Gaji rata-rata nasional: $54.558 per tahun

Tugas utama: Akuntan biasanya disewa untuk mencatat tingkat dana keluar dan masuk, berkonsultasi dengan atasan mereka mengenai pajak dan pengembalian pajak, dan mengaudit keuangan untuk memastikan perusahaan atau individu menggunakan uang mereka secara efektif. Mereka juga dapat menulis dan mengedit laporan keuangan dan menawarkan saran untuk pembaruan anggaran atau rencana pengeluaran.


3. Penasihat keuangan

Gaji rata-rata nasional: $66,083 per tahun

Tugas utama: Tugas umum untuk penasihat keuangan melibatkan pembahasan tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang, membuat anggaran yang dapat dikelola dan dipersonalisasi, dan memberi nasihat kepada klien tentang investasi. Tugas tambahan termasuk membantu dengan pajak dan undang-undang terkait dan memastikan praktik bisnis klien aman dan legal.


4. Analis keuangan

Gaji rata-rata nasional: $68.538 per tahun

Tugas utama: Tanggung jawab khas seorang analis keuangan mungkin termasuk menilai pengeluaran perusahaan, membuat penyesuaian anggaran dan membuat rencana bisnis strategis. Mereka juga dapat memproyeksikan keuntungan dan potensi kerugian di masa depan, serta menulis dan meninjau laporan dan dokumen keuangan.


5. Manajer investasi

Gaji rata-rata nasional: $80.785 per tahun

Tugas utama: Manajer investasi sering bertanggung jawab untuk memberi nasihat kepada klien mereka tentang saham dan obligasi mana yang akan dibeli atau dijual, penjaminan sekuritas dan penempatannya dengan investor, dan pertemuan dengan profesional investasi lainnya untuk merundingkan kesepakatan. Tanggung jawab tambahan dapat mencakup mengawasi merger dan akuisisi, menyusun strategi untuk investasi masa depan dan membuat proyeksi pasar.


6. Agen asuransi

Gaji rata-rata nasional: $206.239 per tahun

Tugas utama: Tugas khusus agen asuransi mungkin termasuk berbicara langsung dengan klien, memberikan penawaran polis yang dipersonalisasi, menganalisis risiko menggunakan data kuantitatif untuk memperkirakan premi, menjawab pertanyaan klien, dan memecahkan masalah. Mereka juga dapat menawarkan polis asuransi kepada pelanggan potensial.


Cara mendapatkan pekerjaan di bidang keuangan. 

Jika Anda tertarik untuk mencari pekerjaan di bidang keuangan, pertimbangkan untuk mengikuti jalur karir keuangan umum ini:


1. Pendidikan

Mengejar gelar sarjana yang relevan. Jurusan keuangan, bisnis atau bidang terkait adalah cara yang bagus untuk memulai perjalanan Anda dalam karir keuangan. Mendapatkan gelar master dalam disiplin keuangan tidak diperlukan tetapi tentu saja akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan posisi tingkat tinggi.


2. Pekerjaan tingkat pemula

Temukan posisi entry-level di perusahaan, organisasi, atau bisnis. Anda akan menghabiskan beberapa tahun untuk memperoleh keterampilan dan pengalaman praktis dalam mengejar promosi. Anda dapat melanjutkan pekerjaan Anda di perusahaan atau Anda mungkin memutuskan untuk mencari pekerjaan di tempat lain. Terlepas dari jabatan Anda saat ini, penting untuk terus mencari peluang untuk meningkatkan keterampilan Anda, meningkatkan pengalaman Anda, dan tumbuh secara profesional.


3. Carilah posisi tingkat yang lebih tinggi

Setelah Anda memiliki beberapa pengalaman praktis dan keterampilan yang relevan, Anda dapat mencari pekerjaan keuangan yang cocok untuk Anda. Bisa dalam bidang akuntansi, perbankan, investasi, asuransi atau lainnya. Kepribadian, gaya kerja, dan keterampilan Anda akan menentukan jenis pekerjaan keuangan mana yang merupakan pilihan terbaik untuk Anda.