Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Trik sederhana untuk mengelola banyak bisnis sekaligus dengan lancar

Meskipun banyak wirausahawan yang memulai satu usaha, ada juga diantaranya yang mengelola banyak bisnis lain. Entah dengan alasan sebagai cadangan bila bisnisnya gulung tikar atau untuk tambahan penghasilan. Memang harus diakui, memiliki banyak bisnis merupakan cita-cita banyak orang. Akan tetapi hasrat tersebut juga memiliki resiko besar. Karena mengelola banyak bisnis tentunya bukan hal yang mudah. Dimana kamu harus memikirkan strategi beberapa bisnis yang dimiliki tersebut.

Bila kamu sudah punya ide mau berbisnis apa, ada modal untuk memulai, tahu cara menjalaninya, serta punya waktu itu mengerjakannya, mulailah segera. Gak ada waktu yang lebih tepat dari “sekarang”, jika kamu sudah bisa membayangkan bentuk bisnismu dengan baik. Jadi, sekali lagi, pilihlah bisnis yang memang kamu pahami dan/atau kamu sukai. Perjuangan untuk memulai, mempertahankan, dan membesarkan bisnis butuh energi yang besar dan gak sebentar. Kalau sejak awal bisnisnya gak kamu sukai atau pahami, ada risiko sulit mempertahankannya bila suatu saat nanti menemui masalah.


Apa yang harus diperhatikan saat kamu mempunyai beberapa bisnis?
Ada 5 langkah penting sebelum memulai usaha:
• jangan terlalu fokus pada satu bisnis
• cobalah keluar dari cara berpikirmu sendiri
• luruskan prioritas
• satukan beberapa bisnis
• pantau semua bisnis dan jangan pernah lengah

Berikut ini beberapa trik sederhana yang bisa dicoba untuk mengelola bisnis yang banyak. Simak ulasan berikut.

Jangan terlalu fokus pada satu bisnis Sebelum memiliki rencana memiliki banyak bisnis tentunya kamu telah tahu konsekuensinya. Yaitu dengan cerdas mengatur waktu antar bisnis yang satu dengan bisnis yang lain secara seimbang. Dalam konteks ini kamu tidak diperkenankan memiliki favorit atau terlalu fokus pada bisnis tertentu. Karena hal ini akan merugikan bisnis lain yang dimiliki. Sederhananya, kebangkitan bisnismu seharusnya tidak menyebabkan jatuhnya bisnis pertama begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu sangat penting untuk mengalihkan waktu, energi, dan perhatian ke semua bisnis.

Cobalah untuk keluar dari cara berpikirmu sendiri 
Kamu perlu untuk berkonsultasi dengan pengusaha lainnya mengenai masalah yang tengah dihadapi. Karena pendapat orang memungkinkan menjadi solusi dan justru menjadi ide cemerlang. Atau selain itu, merekrut orang untuk menjadi staf dalam bisnismu juga bisa menjadi pilihan.

Luruskan prioritas 
Dalam melakukan banyak aktivitas pada waktu yang sama, kamu tetap harus memiliki prioritas yang teratur. Tentukan apa yang perlu pertama kali diperhatikan, kewajiban yang paling utama, serta tugas yang penting. Kemampuan untuk memprioritaskan tugas yang penting ini sangatlah penting untuk kesuksesan bisnismu.

Satukan beberapa bisnis 
ketika ada peluang Dalam mengelola banyak bisnis, kami akan selalu ditarik ke arah yang berbeda di mana tentunya bisnis yang dimiliki berbeda. Namun, bila ada peluang waktu beberapa bisnis memungkinkan untuk digabungkan. Sehingga beberapa bisnis bisa dijalankan sekaligus dalam satu sumber daya.


Pantau semua bisnis Jangan pernah lengah 
memantau semua bisnis yang kamu miliki. Sebab hal ini untuk menjaga keseimbangan antara bisnis yang satu dengan bisnis yang lain. Terapkan sistem yang efisien untuk melacak waktu yang kamu habiskan. Dengan kata lain buatlah catatan atau pelacakan kebiasaan. Sehingga, mengelola banyak bisnis terkesan menjadi kebiasaan setiap hari dan bukanlah sebuah beban. Kamu pun senang dengan kebiasaan tersebut.