Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

11 Tips cara Merenovasi Kamar Mandi yang Cemerlang dan indah

Renovasi rumah bisa menyenangkan dan mengasyikkan jika Anda melakukannya dengan cara yang benar. Itu harus menjadi cerminan gaya Anda, memberi Anda kenyamanan dan kepuasan. Apakah Anda ingin benar-benar mengubah atau mengubah beberapa aspek kamar mandi Anda, menambahkan nilai ke rumah Anda harus tetap menjadi prioritas. 

Pada beberapa bangunan, ada kamar mandi yang terpisah dari rumah, tapi kebanyakan pada Model Rumah Modern ataupun Rumah Minimalis menempatkan Kamar Mandi di dalam desain rumahnya. Selain mempunyai fungsi vital untuk tempat membersihkan diri dan kotoran dari tubuh, seringkali kamar mandi mempunyai fungsi untuk relaksasi. Bagaimana tidak?, kamar mandi tempat yang memiliki suhu paling sejuk di antara ruangan rumah lainnya. Itulah kenapa kamar mandi bisa menjadi tempat relaksasi sekaligus mencari inspirasi. 


Jika anda ingin Kamar Mandi Sederhana, nyaman sekaligus memikat, anda tidak memerlukan ukuran yang besar layaknya hotel berbintang, karena di dalam Rumah Minimalis, anda bisa mendekorasi kamar mandi berkesan mewah. Meski sempit, kecil dan sederhana, anda akan mendapatkan kesan mendalam di Kamar Mandi Minimalis anda. Kamar Mandi Minimalis memang difavoritkan khususnya bagi yang memiliki lahan sempit. Daya tarik Kamar Mandi Minimalis yaitu dengan kesederhanaan interior, tetap bisa digunakan maksimal. 

Dengan desain yang tidak berlebihan luasnya, akan membuat setiap sisi ruangannya berfungsi optimal.
Dalam artikel ini, Anda akan menemukan beberapa tip dan ide yang akan membantu Anda memberikan tampilan baru, segar, dan lebih baik pada kamar mandi Anda.

1. Desain
Tahap desain adalah tempat Anda meletakkan semua ide renovasi yang Anda temui ke dalam perspektif. 

Carilah desain lain di situs web, majalah, atau konsultasikan dengan ahli renovasi untuk menemukan desain yang sempurna untuk kamar mandi Anda.

Apapun desain yang Anda temukan, jadikan sebagai inspirasi saat berbelanja untuk rekreasi kamar mandi Anda.

Hindari berinvestasi dalam desain mewah yang Anda temukan selama pencarian Anda. Alih-alih, cari sesuatu yang tidak biasa yang dapat Anda sertakan dalam rencana renovasi Anda.

2. Pertimbangkan Menggunakan Kaca
Anda dapat menggunakan kaca dekoratif untuk menghidupkan kamar mandi Anda.

Dari meja rias dan pintu shower kaca hingga penutup, cermin, dan dinding kaca yang dicat kembali, daftar kemungkinan penyesuaian di kamar mandi tidak ada habisnya.  

Anda juga dapat menggunakan kaca sebagai partisi internal untuk memisahkan area kering dari area shower basah untuk mencegah percikan air.

Bicaralah dengan spesialis kaca perumahan seperti vanisleglass.com untuk membantu mewujudkan ide Anda.

3. Cermin
Cermin membuat kamar mandi menonjol dan jika kamar mandi Anda tidak cukup besar atau Anda tidak mampu membeli cermin yang berat dan tradisional, gunakan cermin LED kecil atau cermin gantung.

Anda dapat memilih ukuran bahan dan bentuk cermin Anda dan menyesuaikannya dengan selera Anda.

Pilih cermin yang dirancang khusus untuk kamar mandi dan pastikan sesuai dengan tema Anda.

Di bawah ini adalah beberapa jenis cermin kamar mandi yang populer:

Cermin gantung
Cermin ukuran penuh
Cermin kabinet
cermin LED
Cermin persegi panjang miring
Juga, cari tahu ukuran cermin apa yang paling sesuai dengan kamar mandi Anda dan di mana Anda akan meletakkannya.

4. Lantai
Saat merombak lantai kamar mandi Anda, pilih opsi lantai tahan air seperti ubin dan vinil.

Anda ingin memilih yang mudah dibersihkan, dirawat, dan sinkron dengan tema Anda.

Misalnya, kamar mandi ubin abu - abu mudah dipasangkan dengan warna lain; namun, pilih yang paling sesuai dengan kamar mandi Anda tergantung pada pencahayaan dan kegelapan. 

5. Tentukan Jenis Kamar Mandi
Mengubah jenis kamar mandi Anda selama merombak bisa sulit tetapi bukan tidak mungkin.

Konsultasikan dengan desainer interior yang berkualifikasi untuk membantu Anda mempertimbangkan pilihan yang tersedia. Beberapa tipe kamar mandi antara lain:

Kamar mandi standar, juga dikenal sebagai bak mandi penuh, berisi toilet, wastafel dan, atau pancuran, atau keduanya
Setengah kamar mandi atau ruang rias adalah ruang kecil dengan wastafel dan toilet
Kamar mandi basah adalah kamar mandi tahan air yang pancurannya tidak berada di balik tirai atau kubus

6. Pencahayaan
Pencahayaan yang baik memberikan tampilan yang sangat baik ke kamar mandi Anda. Menggabungkan beberapa jendela dalam desain Anda dan skylight berbentuk tabung jika diperlukan memungkinkan pencahayaan alami masuk ke toilet Anda.

Pencahayaan buatan ikut berperan saat kegelapan datang. Gunakan lampu LED redup karena memberikan suasana yang baik.

7. Pipa
Plumbing adalah bagian penting dari renovasi kamar mandi . Sebelum Anda pergi berbelanja untuk perlengkapan pipa, pastikan untuk berkonsultasi dengan tukang ledeng untuk memastikan bahwa Anda membeli barang yang tepat untuk ruang yang tersedia.

Anda mungkin juga perlu memperbesar saluran pembuangan jika perlu, tetapi ingatlah bahwa mengubah saluran pembuangan sulit dilakukan jika Anda tidak memiliki anggaran yang besar.

8. Sedikit Kemewahan 
Tidak Ada Salahnya Jika Anda ingin ruang kamar mandi Anda nyaman, ramping, dan unik, pertimbangkan tambahan opsional berikut:

Lantai berpemanas
Rel handuk berpemanas dan set handuk mandi mewah seperti Mizu Towels
Fitur yang dipasang di dinding seperti lemari dan wastafel

9. Buat Anggaran
Renovasi kamar mandi adalah investasi yang dapat menghabiskan banyak biaya dan Anda ingin membuat anggaran sebelum memulai renovasi.

Untuk membuat anggaran yang realistis, lakukan penelitian ekstensif tentang harga pasar dari apa yang Anda butuhkan ditambah tenaga kerja dan patuhi itu.

10. Bahan Berkualitas
Bahan renovasi berkualitas akan memastikan kamar mandi Anda melayani Anda lebih lama tanpa memerlukan perbaikan yang merupakan biaya tambahan.

Kualitas suara juga memastikan bahwa Anda mendapatkan nilai uang. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan ahli renovasi untuk memandu Anda tentang kualitas bahan yang akan dibeli.

11. Hubungi Pakar
Jika Anda menginginkan layanan renovasi terbaik, kontrak seseorang dengan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang tepat.

Itu juga memastikan bahwa Anda mendapatkan produk akhir seperti yang Anda bayangkan atau bahkan lebih baik.

Catatan akhir
Kamar mandi Anda adalah bagian penting dari rumah Anda. Bukan hanya ruangan yang Anda gunakan sehari-hari, tetapi kamar mandi Anda, bersama dengan dapur Anda bisa dibilang ruangan terpenting yang dilihat pembeli rumah saat membeli rumah.

Pertimbangkan untuk memasukkan tip-tip ini ke dalam rencana renovasi Anda saat berikutnya Anda merencanakannya.