Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

15 tips cara menghemat keuangan supaya kamu tidak boros

TIPS AMPUH AGAR TIDAK BOROS Apakah kamu tipe orang yang gampang tergiur promo gratis ongkir atau diskon flash sale di suatu marketplace? Apabila iya kamu harus lebih berhati-hati dan lebih baik belajar disiplin agar belanja sesuai dengan daftar kebutuhan. Buat kamu yang mau investasi ilmu, Kendalikan Uangmu dengan baik dan benar.

Apakah kamu merasa penghasilanmu cepat habis karena sering kali membelanjakan uang untuk hal-hal yang kurang bermanfaat? Berikut ini ada beberapa fips agar kamu bisa menghindari sifat boros dan belajar mengelola keuangan sedari dini.


1. Miliki Tujuan Besar 

Contohnya ingin punya rumah, naik haji atau tujuan lain yang membuatmu mulai menabung dan mengurangi sifat boros. Jika kamu mempunyai keinginan yang belum tercapai, pasti kamu kepingin dong keinginan kamu tersebut bisa tercapai dan terlaksana. Mulailah kamu sisihkan uang untuk keperluan tersebut dan buatlah rekening untuk menaruh uang tersebut dan jangan di ingat-ingat, karena suatu saat nanti jika sudah waktunya tiba kamu bisa menggunakan uang tersebut. 


2. Buat Budgeting 

Tiap dapat penghasilan bagi menjadi pos-pos pengeluaran tertentu seperti untuk tabungan, kebutuhan dan keinginan. 

• tabungan

Sisihkan uang gajian kamu untuk masa depan atau untuk dana darurat

• kebutuhan

Nah kalau yang ini sudah pasti kebutuhan harian kita harus terpenuhi. Jadi pastikan kebutuhan harian kamu sesuai dengan pendapatan gaji, jangan sampai kebutuhan harian kamu melebihi dari batas

• keinginan

Jika kamu merasa tidak membutuhkan barang tersebut, pastikan keinginan kamu ditunda terlebih dahulu, lebih baik dipakai untuk kebutuhan yang sangat mendesak.

3. Tabung Tiap Dapat Gaji 

Sisihkan tabungan/investasi tiap dapat penghasilan, jangan menunggu sisa di akhir bulan. Tabungan/investasi ini bisa kamu gunakan jika sewaktu-waktu kamu kepepet membutuhkan dana darurat. 

4. Buat Daftar Kebutuhan

Buatlaha daftar anggaran kebutuhan untuk setiap bulannya. Kalo untuk urusan seperti ini sangat sensitif sekali, jika kamu sudah mempunyai istri pasti semua sudah di atur sama istri tapi jika kamu masih sendiri pasti repot membuat daftar kebutuhan belanja bulanan. Tips buatlah daftar belanja bulanan bisa pakai buku atau kertas berukuran besar lalu tempelkan di dinding. Cek lis barang yang sudah kamu pakai setiap harinya berapa. dan selalu cek barang yang sudah habis, begitu terus sampai waktu belanja bulanan tiba.

5. Kontrol Keinginan 

Semua orang mempunyai keinginan termasuk juga saya. Jika kamu mempunyai keinginan pastikan bersenang-senang sesuai dengan budget ya..jika tidak dikontrol dengan baik, Kamu tidak akan bertahan sampai waktunya tiba gajian. Kontrolah keinginan kamu sesuai budget dikantong. Jangan memenuhi keinginan tapi dompet kosong.. hihihi

6. Hindari Impulsif 

impulsif adalah istilah yang menggambarkan dua bentuk perilaku, dan memiliki perbedaan di antara keduanya. Menjadi kompulsif adalah ketika seseorang memiliki dorongan yang tak tertahankan untuk melakukan sesuatu. Menjadi impulsif adalah ketika seseorang bertindak berdasarkan instingnya. Apabila mendadak kamu ingin sesuatu coba tahan dan pikirkan kembali apakah barang tersebut memang dibutuhkan atau tidak. 

7. Manfaatkan Promo/Diskon 

Belilah barang kebutuhanmu saat ada diskon agar dapat keuntungan lebih banyak. Biasanya toko online akan selalu ada promo atau Diskon setiap bulannya. Kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk membeli barang kesukaan kamu. Manfaatkan peluang seperti ini, karena kamu tidak setiap harinya membeli barang.

8. Bandingkan Harga 

Carilah harga termurah tapi dengan kualitas yang bagus. Di jaman seperti sekarang ini mencari barang yang murah tapi tidak murahan dan mempunyai kualitas bagus sangat mudah sekali, kamu bisa cek harga lewat internet atau bisa juga melalui media sosial atau bisa juga lewat belanja online. Cari toko yang memberikan harga murah tapi tidak murahan dan cek review toko tersebut apakah komentar pembeli puas atau Malah sebaliknya.

9. Jauhi Gengsi

Jauhilah membeli sesuatu yang hanya untuk pamer atau tidak ingin kalah dari orang lain. Karena hal seperti ini bisa merusak sistem keuangan kamu. Jika kamu lebih mementingkan ego dan juga gengsi suatu saat kamu akan menyesal dan berpikir kenapa tidak bisa mengendalikan keuangan kamu sendiri. 

10. Catat Pengeluaranmu 

Disiplin mencatat pengeluaran agar keuanganmu terkontrol. Untuk hal ini kamu bisa membuat daftar list barang-barang kebutuhan harian kamu. Atau bisa juga dicatat menggunakan buku atau bisa juga ditempelkan di dinding. Buatlah daftar barang yang ingin dibeli dan sisihkan anggaran bulanan untuk belanja bulanan. Sistem keuangan seperti ini busa meminimalisir terjadinya kebocoran keuangan yang tidak diketahui.

11. Uninstal Marketplace 

Instal marketplace hanya ketika kamu membutuhkan beli sesuatu saja. Biasanya jika kamu mempunyai aplikasi Marketplace itu selalu gatal ingin membeli barang lewat online. Tidak bisa dipungkiri memang jika kamu membuka aplikasi Marketplace pasti ada saja sesuatu barang yang dilihat dan ingin membeli barang tersebut, apalagi toko tersebut menawarkan barang yang kamu suka. Tips belilah barang sesuai dengan kebutuhan kamu, ingat jangan membeli barang yang tidak perlu

12. Miliki Lingkungan Supportif 

Miliki teman/pasangan yang mengingatkanmu apabila kamu sudah terlalu boros. Biasanya teman yang baik selalu mengingatkan jika kamu terlalu boros dalam pengeluaran. Pertahankan teman/pasangan seperti ini, karena tidak mudah mempunyai teman/pasangan yang selalu mengingatkan jika kita salah dalam bertindak.

13. Hindari Utang berbunga

Belilah sesuatu secara tunai agar tidak terbebani bunga. Jika kamu tidak terbiasa dengan hutang itu lebih baik, karena kamu sudah bisa menghindari jebakan para deb colector yang meminjam uang dengan bunga yang tinggi. Lebih baik kamu sisihkan uang setiap bulannya sampai dengan tiga tahun atau lebih, sesuai dengan barang yang mau dibeli. Sistem keuangan seperti lebih bermanfaat daripada kamu beli lewat hutang yang bunganya berkali-kali lipat.

14. Membawa Bekal 

Daripada makan siang di tempat mahal lebih hemat bawa bekal. Biasanya kamu kalau ke tempat kerja membawa bekal dari rumah atau membeli makan siang di tempat kerja? Jika kamu orang yang pintar pasti memilih untuk membawa bekal dari rumah. ini bukan soal gengsi atau pelit tapi soal mengendalikan keuangan kamu supaya tidak boros.

15. Hindari Godaan

 Jauhi hal-hal yang membuat kamu menjadi boros dan perkuat disiplin & mentalmu. Karena godaan hidup itu banyak sekali, bisa lewat teman, sahabat , pacar atau pun keluarga. Jika kamu tidak cermat mana yang godaan mana yang kebutuhan. Maka kamu akan terjerumus ke dalam hal-hal yang bisa menyesatkan.

jangan sampai kamu dikendalikan uang.  Kendalikan uangmu jangan sampai kamu menghabiskan uang hanya untuk barang yang tidak perlu. Kalau menurutmu ada tips lainnya kah? Share di kolom komentar ya!

Baca juga

Cara daftar akulaku

Pengeluaran siluman 

Keuangan kritis