-->

Featured Posts


10 manfaat buah zaitun selain untuk kesehatan dan mengatasi masalah rambut

Minyak zaitun adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (Olea europaea), pohon tradisional dari basin Mediterania. Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah. Pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami mereka dan hidup selama lebih dari 500 tahun. 


Buah ini memiliki bentuk bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika sudah mulai masak. Minyak dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal, dan sabun, dan juga sebagai bahan bakar untuk lampu minyak. Manfaat minyak zaitun sangat banyak bagi kesehatan karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya asam oleik dan polifenol)


Minyak zaitun berasal dari tanaman Mediterania bernama zaitun ini mengandung senyawa penting untuk kesehatan tubuh, yaitu vitamin K, omega 3, omega 9, omega 6, serta zat besi. Minyak zaitun sering dijadikan bahan kecantikan dan kesehatan. Berikut ini 6 manfaat buah zaitun untuk kesehatan dan kecantikan: 


1. MENCEGAH KANKER KULIT 

Minyak zaitun mempunyai sifat antioksidan dan anti inflamasi yang kuat dan juga kandungan phenolic dan vitamin E nya dapat mencegah dan mengurangi risiko kanker terutama kanker payudara dan kanker kulit. Bisa digunakan bersamaan sebagai konsumsi dalam tubuh maupun olesan luar tubuh.

2. MENGONTROL KOLESTEROL JAHAT 

Karena peredaran darah lancar serta antioksidan yang sangat tinggi pada minyak zaitun akan membantu untuk mencegah kolesterol dalam darah teroksidasi. Caranya dengan mengonsumsinya secukupnya atau dibarengi dengan makanan lain sebagai bahan tambahannya.

3. MENURUNKAN TEKANAN DARAH Minyak zaitun mengandung Lemak tak jenuh yang menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi.


4. MELANCARKAN PEREDARAN DARAH 

Minyak zaitun memiliki kandungan lemak omega 9,6, dan 3 yang akan memperbaiki fungsi endotel pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai bahan dalam makanan. 

5. MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG Minyak zaitun memiliki antioksidan yang tinggi untuk membantu mencegah kolesterol dalam darah teroksidasi sehingga dapat melindungi, mencegah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

6. MENCEGAH TERJADINYA OSTEOPOROSIS 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus yang sedang dalam kondisi yang mirip pada menopause perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tikus yang tidak diberi minyak zaitun mengalami penurunan kadar kalsium yang signifikan dan juga peningkatan pada kadar ALP, MDA, dan nitrat yang signifikan.


Bagi anda yang mempunyai masalah dengan rambut seperti rambut kering, menebalkan rambut dan mengurangi ketombe, bisa dicoba caranya seperti dibawah ini. Karena minyak zaitun mempunyai Kandungan asam oleat, asam palmitat, beta-karoten, vitarmin E, dan antioksidan pada minyak zaitun bermançaat untuk kesehatan rambut. Diantaranya : 

1. Mengatasi rambut kering dan bercabang

•Caranya kamu bisa mengoleskan minyak zaitun pada rambut yg bercabang, pastikan minyak juga meliputi ujung rambut. Setelan itu, diamkan rambut selama 15 menit, lalu cuci rambut hingga bersih. 

2. Menebalkan rambut

•Untuk mendapatkan khasiatnya yang satu ini, kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai masker rambut setidaknya 1-2 minggu sekali. Karmu juga bisa mencampurkan kuning telur dengan minyak zaitun untuk merangsang pertumbuhan rambut lebih maksimal. 

3. Mengurangi ketombe

•Caranya mudah, cukup siapkan 1-2 sendok makan minyak zaitun lalu oleskan ke kulit kepala secara merata. Diamkan selama 10 menit, lalu pijat kulit kepala dan bersinkan ketombe dengan sisir. 

•Jika ketombe masih membandel, coba kombinasikan perawatan minyak zaitun dengan sampo anti ketombe yang mengandung asam salisilat, selenium sulçide, dan zinc pyritnione dapat membantu mengatasi masalan ketombe yang kamu alami. 

4. Mengatasi creadle cap (ketombe pada bayi) 

•Caranya cukup mengoleskan minyak ini secara tipis ke kulit kepala Si Kecil, lalu pijat secara lembut selama 1 menit. Setelah itu, diamkan selama 15 menit dan cuci rambut Si Kecil dengan menggunakan sampo bayi secara perlahan. Semoga artikel ini bermanfaat


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel