-->

Featured Posts


Kelebihan nitrogen dibanding angin biasa pada ban mobil atau motor

Mengisi ban dengan Nitrogen memang lebin mahal dibanding dengan angin biasa. Ini dikarenakan banyaknya manfaat Nitrogen yang dapat diperoleh , sebut saja seperti handling yang lebin baik, tidak membuat velg berkarat, hingga tarikan gas yang lebin ringan. Sebenarnya apa penyebab Nitrogen dapat memberikan keunggulan yang signifikan dibanding angin biasa?

Perbedaan Angin Biasa dan Nitrogen. Nitrogen merupakan gas udara yang sudah tersaring dan tidak memiliki kandungan air di dalamnya. Dan nitrogen mempunyai suhu yang lebih dingin, lebih ringan tapi lebih "mengisi" komposisi udara dalam ruang. Sedangkan kalau angin biasa, terdapat kandungan air yang bisa menguap saat suhu sedang panas. Dan tekanannya akan berubah menjadi air yang membuat bobot ban menjadi lebih berat.


Ban mobil atau motor sebaiknya diisi angin atau nitrogen ? mungkin pertanyaan ini sering banget kamu denger pas lagi service mobil atau motor. Memang sih zaman sekarang ada dua jenis nih kalau mau ngisi ban mobil atau motor, ada yang angin biasa dan nitrogen. Terus apa bedanya sih angin biasa sama nitrogen ?

ANGIN BIASA Kelebihan : 
• Lebih mudah ditemukan di jalan. 
• Harga lebih murah. Kekurangan.
• Kandungan air di dalamnya membuat lebih berat. 
• Tekanan ban tidak stabil. Kemungkinan terkena korosi Velg. 
• Lebih mudah kempes bahlan sampai pecah ban.

NITROGEN B88 Kelebihan: 
• Tekanan ban lebih stabil. 
• Tidak mudah pecah. 
• Laju motor lebih ringan. 
• Daya cengkram lebih tinggi. 

Kekurangan
NITROGEN GENERATOR FOR TYRE INFLATION Hanya ada di pom bensin N2 tertentu. Harga lebih mahal.

Nitrogen dapat berkontribusi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan mobil, tapi masih banyak komponen penting mobil yang juga perlu diperhatikan. Nitrogen adalah gas udara murni yang sudah tersaring dan bebas dari kandungan air. Absennya air pada nitrogen mem- buat ban menjadi lebih ringan dibanding angin biasa yang masih mungkin menguap dan membuat ban penuh dan berat karena kadar air yang lebih banyak.

Partikel Nitrogen yang lebih besar daripada angin biasa juga membuat isi ban lebih susah keluar dari pori-pori ban. Tekanan angin ban yang awet membuat mobil lebih hemat bahan bakar sekaligus mencegah kebotakan ban yang tak merata.

kestabilan suhu Nitrogen juga menjadi nilai lebih karena suhu udara di dalam ban akan lebih stabil sehingga ban mobil akan lebih terhindar dari potensi meletus. Untuk mobil yang sedang di simpan, nitrogen dikatakan dapat bertahan 1-3 minggu lebih lama dibanding angin biasa..

Kira-kira kamu milih yang mana nih angin biasa atau nitrogen ? 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel