-->

Featured Posts


Fungsi CAPTCHA pada website yang belum banyak orang tahu

Mungkin sebagian orang yang sering menjelajahi internet dan membuka website-website pasti pernah menemukan sebuah gambar acak atau tulisan acak yang cukup membingungkan. Gambar acak atau tulisan acak tersebut biasanya muncul ketika kamu mengisi formulir, melakukan registrasi dan bisa juga saat ingin mengunduh file. Nah pasti beberapa orang bertanya-tanya dalam benaknya; apakah hal tersebut? Kumpulan gambar ataupun tulisan dan angka acak yang muncul itu sering disebut sebagai captcha.


CAPTCHA atau Captcha adalah suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challenge-response test) yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer. Proses ini biasanya melibatkan suatu komputer (server) yang meminta seorang pengguna untuk menyelesaikan suatu uji sederhana yang dapat dihasilkan dan dinilai oleh komputer tersebut. 

Karena komputer lain tidak dapat memecahkan CAPTCHA, pengguna manapun yang dapat memberikan jawaban yang benar akan dianggap sebagai manusia. 

Oleh sebab itu, uji ini kadang disebut sebagai uji Turing balik, karena dikelola oleh mesin dan ditujukan untuk manusia, kebalikan dari uji Turing standar yang biasanya dikelola oleh manusia dan ditujukan untuk suatu mesin. CAPTCHA umumnya menggunakan huruf dan angka dari citra terdistorsi yang muncul di layar.


Apa fungsi dari captcha tersebut?  bagi sebagian orang pada mengira ini apaan sih ganggu saja orang mau donwload film hahaha, tapi memang ada tujuannya. Biar aman Langsung saja simak apa sih itu CAPTCHA? 


APA ITU CAPTCHA? 

Captcha ini singkatan dari (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) Pada dasarnya, Captcha adalah gambar dengan teks yang ditampilkan di atasnya. Pengguna harus mengetik karakter yang sama dengan yang ada di gambar untuk memverifikasi bahwa dia adalah manusia. Ini sering digunakan di halaman hubungi kami dan pendaftaran untuk mencegah entri dari robot spam. Intinya, Captcha adalah sebuah teknologi untuk bisa membedakan manusia dan robot.


BAGAIMANA CAPTCHA BEKERJA?  Captcha diciptakan untuk memblokir perangkat lunak berisi spam agar tidak mengirim komentar pada halaman atau membeli item berlebih sekaligus. Bentuk Captcha yang paling umum adalah gambar dengan beberapa huruf terdistorsi, memilih foto dalam grid, dan lainnya.


APA FUNGSI CAPTCHA? 

Melindungi integritas polling online dengan menghentikan hacker yang menggunakan robot untuk mengirimkan tanggapan palsu berulang kali. Menghentikan serangan brute force pada akun online di mana hacker berulang kali mencoba masuk menggunakan ratusan kata sandi berbeda. Mencegah hacker agar tidak mendaftar ke beberapa akun email yang kemudian akan mereka gunakan untuk tujuan jahat.


Menghentikan penjahat dunia maya yang mengirim spam ke blog atau halaman konten berita dengan komentar dan tautan cerdik ke situs web lain. Mencegah calo tiket menggunakan robot untuk membeli tiket pertunjukan dan pertunjukan secara massal.


KESIMPULAN 

Captcha ini penting untuk mencegah bot melakukan tindakan yang merugikan bagi website seperti spam, hacker dan lain-lain. Oleh karena itu pastikan Sobat memasang captcha di bagian yang menurut Sobat penting setidaknya di bagian komentar, login akun, dan pembelian. Semoga informasi ini bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel