-->

Featured Posts


7 tips cara merawat kabel charger biar awet dan tahan lama

Tidak bisa dipungkiri kalau zaman sekarang kabel charger smartphone merupakan aksesori terpenting dari smartphone sekaligus yang paling sering rusak. Sayangnya, hal ini sering kali dianggap pengguna smartphone sebagai masalah sepele karena untuk mengganti kabel charger smartphone yang baru tidak perlu biaya mahal. Memang sih! di pasaran tersedia berbagai merek kabel charger smartphone dengan harga sangat beragam. 


Mulai dari yang sangat murah hingga termahal. Namun, tahukah kamu kalau kabel smartphone dengan harga yang murah dan merek tidak jelas dapat merusak baterai smartphone kamu secara perlahan? Jika kabel charger smartphone rusak, nih, solusi terbaik pastinya adalah kabel baru dari merek original sesuai dengan smartphone yang kamu gunakan. 

Namun, bakal lebih baik lagi jika kamu bisa merawat kabel charger-mu agar tidak cepat rusak bukan? Berikut 7 tips cara merawat kabel charger supaya awet dan tahan lama.

1. Jangan digunakan saat sedang charging 

Sebenarnya kebiasaan tidak menggunakan smartphone saat sedang charging bukan hanya untuk merawat baterai, Iho. Menggunakan smartphone saat sedang charging juga dapat menyebabkan kabel charger yang kamu gunakan cepat rusak. Nah, biasanya para gamer sering menggunakan smartphone saat sedang charging untuk menjaganya agar tidak kehabisan daya. Padahal saat digunakan, tuh, kabel yang kamu miliki dapat merenggang hingga akhirnya mudah rusak dan putus. Kurang-kurangi deh!

2. Jangan ditumpuk dalam tas 

kabel yang tertumpuk atau tertekan barang-barang lain di dalam tas juga dapat menyebabkannya bengkok dan rusak meski sudah digulung dengan benar. Jika kamu bepergian lebih baik simpan kabel milikmu di bagian terluar dari isi tas agar tidak tertumpuk dan juga mudah dijangkau saat dibutuhkan. Bahkan bakal lebih baik lagi kalau kamu bisa menyimpannya di bagian terpisah dari tasmu.

3. Jangan gulung asal-asalan atau tekuk kabel charger 

Kebanyakan dari kita sering tidak memperhatikan cara menggulung dan menekuk kabel charger saat akan membawanya bepergian. Tekanan dari gulungan dan tekukan yang asal-asalan itu bisa jadi salah satu penyebab kabel charger kamu cepat rusak, Iho. Alhasil bagian dalamnya putus sehingga tidak optimal lagi untuk menghantarkan listrik. Makanya kebiasaan ini sebaiknya kamu hindari.

4. Hindari membeli kabel charger murah! 

Kalau memang kabel charger-mu rusak dan sudah tidak tertolong lagi, nih, pastikan untuk menggantinya dengan produk original. Meski lebih mahal, namun kualitas dari kabel charger asli dijamin baik dan pastinya tidak akan merusak smartphone kamu.

5. Pasang pelindung tambahan 

Tidak ada salahnya buat memberi perlindungan tambahan untuk kabel charger-mu dengan cara memasang cable protector pada bagian luar kabel. Aksesori yang satu ini sudah banyak tersedia dan mudah ditemukan, kok. Bahkan selain untuk melindungi, aksesori ini juga bisa mempercantik tampilan kabelmu.

6. Copot kabel dengan hati-hati 

Selain harus melepasnya dari stop kontak saat sudah tidak di-charge, kamu juga wajib memperhatikan cara melepasnya, ya. Kalau kabel dicopot dengan paksa dan kasar maka akan membuat kabelmu cepat rusak. Jangan menarik kabelnya, tapi kepalanya boys.

7. Lepaskan charger dari stop kontak 

Saat sudah tidak terpakai lagi, nih, pastikan charger yang kamu miliki sudah tidak terhubung lagi dengan stop kontak, ya. Tujuannya sendiri agar kabel chargermu tidak mengalami kelebihan muatan yang menyebabkannya rusak bahkan terbakar. Apalagi jika rumah kamu punya aliran listrik yang sering naik-turun atau tidak seimbang. Hal ini dijamin bakal membuat kabel charger yang kamu miliki korsleting.

itulah beberapa tips supaya charger smartphone awet dan tahan lama. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel