-->

11 perlengkapan alat untuk naik gunung yang wajib dibawa

hacking atau mendaki merupakan kegiatan yang banyak di cintai oleh para traveler atau backpacker karena kegiatan ini sangat menantang uji nyali dan juga membutuhkan tenaga.
Peralatan yang dibutuhkan dalam pendakian sebenarnya bergantung pada tingkat kesulitan medan dan estimasi waktu pendakian yang diperlukan. Tetapi setidaknya bagi pendaki harian harus membawa setidaknya air minum, makanan, map dan perlengkapan untuk melindungi dari hujan. 


Biasanya, sepatu yang digunakan untuk mendaki gunung adalah sepatu boot dan tas ransel sebagai perlindungan untuk melewati wilayah bebatuan serta baik untuk membantu menjaga keseimbangan. Beberapa peralatan lain yang penting bagi pendaki adalah kompas, kacamata hitam, baju hangat, topi, sarung tangan, tongkat untuk mendaki, senter, peralatan P3K, pemantik api dan sebuah pisau. Peta atau peralatan GPS juga merupakan peralatan penting yang harus dibawa sebagai panduan perjalanan. Berikut beberapa peralatan pendaki sebelum berangkat mendaki gunung

1. SARUNG TANGAN
Ada banyak kegiatan outdoor yang dapat Anda lakukan, seperti climbing, camping, dan hiking. Saat melakukan kegiatan tersebut, tentunya penggunaan sarung tangan adalah hal yang penting agar keamanan tangan terjaga. Sarung tangan tersedia di pasaran dengan desain dan performa yang berbeda-beda. Manakah produk yang tepat untuk dipilih?

Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih sarung tangan. Bukan hanya itu, kami juga telah menyiapkan rekomendasi sarung tangan merek Eiger, Naturehike, dan lain-lain. 

2. JAKET GUNUNG
Jangan berpikir jaket gunung sama dengan jaket biasa guys. Jaket gunung tidak hanya bisa melindungi kamu dari dinginnya udara di atas gunung, bahan khusus yang digunakan pada jaket gunung juga bisa melindungi kamu dari air dan angin. Sehingga, dalam kondisi apapun, kamu akan lebih terjaga dibandingkan menggunakan jaket biasa.

3. CARRIER CONSINA 
Carrier atau tas gunung merupakan barang yang wajib banget kamu gunakan ketika mendaki gunung. Carrier didesain sesuai dengan kebutuhan mendaki gunung, baik secara fungsinya dapat menampung banyak barang maupun bentuknya yang sesuai dengan bentuk punggung manusia. Carrier umumnya tersedia dengan ukuran yang bermacam-macam, mulai dari 40 L hingga 10 L.

3. SEPATU OUTDOOR 
Ketika mendaki gunung, kamu tidak dianjurkan untuk menggunakan sepatu biasa guys. Karena jalur pendakian umumnya tidak semulus jalur pemukiman, oleh sebab itu kamu memerlukan sepatu outdoor yang bisa melindungi kaki kamu lebih aman daripada sepatu biasa. Apapun bentuk jalur pendakiannya, sepatu outdoor sudah didesain untuk menghadapi kondisi tersebut.

4. KOMPOR GAS
Kompor gas merupakan hal penting dalam segala aktivitas, untuk itulah kenapa kompor gas sangat diperlukan dalam pendakian. Kompor gas bisa dibawa dari rumah, atau memanfaatkan alam yang bisa kita cari disekitar gunung. Kondisi dingin di gunung harus diimbangi dengan sesuatu yang hangat untuk mencegah hipotermia ataupun untuk memasak makanan favorit ala rumahan, dan tidak sekedar mie instan.

Perlengkapan masak mendaki gunung yaitu nesting dan kompor. Sedangkan untuk bahan bakar bisa menggunakan minyak gas atau parafin. Sebaiknya tidak menggunakan minyak karena rawan tumpah yang bisa membuat kebakaran.

5. TENDA GUNUNG 
Ketika mendaki gunung, tentunya kamu memerlukan dome atau tenda untuk bermalam. Barang ini wajib banget kamu bawa, karena ketika mendaki sebuah gunung pasti kamu akan memutuskan untuk bermalam . Tenda ini biasanya memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari 2 orang hingga lebih dari 6 orang. Gunakan tenda sesuai dengan kapasitas yang dianjurkan ya!

6. SLEEPING BAG 
Meskipun kamu bisa menggunakan matras untuk alas tidur di dalam tenda, kamu juga bisa memilih sleeping bag sebagai tempat tidur kamu di dalam tenda. Sleeping bag bisa menghindari kamu dari struktur tanah yg tidak rata ketika tidur Iho. Selain itU, sleeping bag juga bisa menghangatkan tubuh kamu ketika tidur. Streomline Sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika bermalam di atas gunung.

7. SEPATU
Sepatu hiking merupakan salah satu alat-alat naik gunung yang wajib dibawa saat mendaki. Sepatu ini memiliki fungsi berbeda dari sepatu pada umumnya, yang mana sepatu hiking dapat meminimalisir risiko cedera pada pergelangan kaki saat tergelincir, Terutama di Medan yang berat. 

Terkait pemilihan bahannya sendiri, kamu dapat menggunakan sepatu hiking yang memiliki alas yang empuk, anti air serta mempunyai grip yang tebal Karena lebih nyaman saat dipakai.

8. MAKANAN DAN AIR
Makanan yang paling direkomendasikan untuk naik gunung terutama mengandung karbohidrat, protein, sayur-sayuran dan buah-buahan. Lebih baik jika makanan makanan tersebut mampu membuat kenyang dalam jangka panjang. Adapun bawa air 1500 ml sangatlah menguntungkan, mengingat sumber air mata gunung tidak setiap saat kita temui. Di sinilah penggunaan air sebisa mungkin dihemat.

9. P3K 
perlengkapan ini wajib buat siapapun jika naik gunung, terutama jika ada yang mengalami masalah kesehatan. Mulai dari luka sampai gangguan penyakit. Jadi jangan lupa bawa ini ya kalau naik gunung, terutama untuk petolongan pertama.

10. PERALATAN NAVIGASI
Kompas, salah satu alat perlengkapan naik gunung yang wajib dibawa
Walaupun fitur smartphone masa kini sudah dilengkapi piranti digital masa kini, ada kalanya komunikasi akan terganggu saat berada di gunung. Apalagi baterai elektronik akan cepat drop saat berada di gunung, bisa celaka tuh. Oleh karena itu, disarankan punya peralatan non elektronik macam kompas dan peta.

11. KANTONG PLASTIK
Nah kalau ini yang sering dilupakan para pendaki. Plastik ini fungsinya bukan naruh barang barang kotor doang. Tetapi juga, menaruh semua sampah-sampah pendaki. Jadi please deh. Jangan naruh sampah sembarang di gunung ya! tapi masukkan ke plastik dan buang sampah pada tempat yang telah disediakan pihak pengelola. Kalau bukan kita yang menjaga dan melestarikan alam siapa lagi? Jadi mulai sekarang cintai alam dengan sepenuh hati. Semoga bermanfaat

0 Response to "11 perlengkapan alat untuk naik gunung yang wajib dibawa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel