-->

Featured Posts


3 tempat bersejarah umat Islam di Turki yang sangat terkenal

Dahulu kala Turki merupakan negara yang menganut sistem pemerintahan kesultanan atau kesultanan Utsmaniyah. Karena di Turki banyak tempat bersejarah bagi umat Islam bekas peninggalan kesultanan Ottoman yang masih ada hingga saat ini. 

Jika Ketika kalian berkunjung ke Turki, jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata Bersejarah di Turki. Negara Turki merupakan Negara yabg penuh akan Sejarahnya, sudah tidak usah diragukan lagi, dari pernah menjadi Wilayah Kekaisaran Romawi sampai Wilayah Daulah Utsmaniyyah yang begitu berjaya. Berikut beberapa tempat bersejarah Islam di Turki yang pernah berjaya di masa Daulah Utsmaniyah:

1. Hagia Sophia 

Hagia sophia merupakan salah satu bangunan sejarah di turki yang menyimpan sejuta cerita. Bangunan bekas masjid di Istanbul, Turki ini dulunya adalah sebuah gereja. yang dibangun oleh Konstantius. Ini lah yang menyebabkan Hagia Sophia memiliki gaya arsitektur Bizantium yang indah.

Dari luar, bangunan tempat wisata di Turki ini terlihat satu kubah besar dan delapan kubah yang lebih kecil. Arsitektur ini terlihat mencolok dan disusun sedemikian rupa sehingga tampak begitu megah. Tidak berlebihan jika ada yang mengatakan seperti istana di Negeri Dongeng. 

Di dalam bangunan hagia Sophia, tepatnya lantai dasar, pengunjung akan terpesona dengan keindahan pilar-pilar penopang Hagia Sophia yang sebegitu kokohnya padahal sudah berdiri sejak 15 abad. Tidak hanya kokoh, ukiran yang terdapat pada pilar tersebut juga sangat luar biasa detail. Pokoknya historis banget deh!

2. Topkapi Palace 

Istana Topkapi adalah salah satu tempat wisata di Turki yang sangat menarik. Karena disini kita bisa melihat secara langsung tongkat Nabi Musa As, dan beberapa barang peninggalan Baginda Rasulullah SAW.

Istana Topkapi di kenal juga dengan sebutan Topkapi Sarayi atau Topkapi Palace terletak di Kota Istanbul, Turki. Letaknya tidak jauh dari Hagia Sophia dan Blue Mosque yang merupakan kesatuan dari Old City Istanbul. Pintu masuknya sendiri seperti gerbang benteng, ya karena memang bekas gerbang kerajaan, dihiasi dengan kaligrafi Syahadat di atas pintu dan juga Tughra, sejenis monogram, cap atau tanda tangan Sultan Utsmaniyah. Sangat historis!

3. Benteng Rumeli Hisari 

Benteng Rumeli Hisari, sebuah benteng yang berdiri dengan begitu gagahnya di pinggir selat Bosphorus menyimpan kenangan sejak berabad abad yang lalu. Benteng terlihat gagah dari kejauhan saat melintas selat bosphorus menggunakan kapal.

Benteng tempat wisata di Turki ini memiliki 3 menara utama yang masing-masing di namakan sesuai dengan nama tiga orang pengikut setia Sultan Mehmed Il yang turut membantu pembangunannya. Menara besar yang berada di dekat gerbang di bangun oleh candarli halil pasha, sedangkan menara di bagian selatan di bangun oleh Zaganos Pasha, menara yang berada di bagian utaranya sendiri di bangun oleh saruca pasha. 

Benteng Rumeli Hisari juga mempunyai 14 menara pengawas dengan ketinggian menara berkisar antara 22-28 meter dengan ketebalan dinding antara 5 - 7 meter. Sang sultan memerintahkan bangunan benteng di bentuk dalam abjad 'Muhammad' dalam aksara arab.

Ayo bantu konten Sejarah Islam yang edukatif menja di trending yang dapat mengedukatif banyak orang. Kami butuh bantuan kalian untuk mewujudkannya. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel