Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips cara menggoreng kerupuk agar mekar dan tidak bantet

Tips Menggoreng Kerupuk Menggoreng kerupuk ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Sebab renyah saja tidak cukup. kerupuk harus mekar sempurna. Nah, untuk menghasilkan kerupuk renyah yang mekar sempurna ada triknya karena beberapa kerupuk memang berbeda cara gorengnya. 


Jemur kerupuk
Sebelum menggoreng kerupuk sebaiknya dijemur terlebih dahulu seharian supaya kering dan tidak lembab dan ketika digoreng kerupuk langsung mengembang. menyimpan kerupuk terlalu lama, seringkali kerupuk mentah akan lembap dan ketika digoreng tak akan bagus hasilnya. Jadi untuk mengurangi kelembapan kerupuk, jemur dulu di bawah terik matahari seharian. Kerupuk yang garing akan mengembang sempurna jika digoreng. 

Panaskan minyak
Sesudah menjemur kerupuk seharian lalu panaskan minyak. Gunakan minyak panas, jangan memasukkan kerupuk mentah ke dalam minyak yang belum panas. Beberapa kerupuk mungkin akan tetap mengembang renyah, tapi beberapa lainnya justru akan keras atau alot tidak bisa mengembang. Setelah minyak panas, kecilkan, agar kerupuk tidak gosong. 

Gunakan wajan besar 
Umumnya kerupuk butuh minyak yang banyak dan akan mekar memenuhi penggorengan, jadi pastikan menggunakan wajan besar agar bisa memberi ruang kerupuk mengembang sempurna. 

Minyak yang banyak 
Tidak seperti menggoreng telur yang bisa dengan minyak sedikit, menggoreng kerupuk memang agak boros minya. Penggunaan minyak dalam jumlah banyak juga sangat membantu kerupuk matang merata dan bisa mengembang maksimal. orang terkadang lebih suka membeli kerupuk dalam kemasan mentah agar bisa menggorengnya sendiri di rumah kapan pun. Namun, jika kita bisa membuatnya di rumah, kenapa harus membeli di luar? Simak disini cara-cara agar Kerupuk Goreng bisa Mengembang Renyah!

Salah Satu Tips Menggoreng Kerupuk Agar Mekar dan Tidak Bantat yaitu dengan menggoreng kerupuk Satu per Satu Sambil Ditekan Untuk jenis kerupuk yang lebar, seperti opak dan kerupuk udang. sebaiknya digoreng satu Jadi tidak langsung dimasukkan sekaligus, cukup satu per satu saja. Saat menggoreng juga perlu sambil ditekan-tekan biar nggak sampai menggelembung. Berikut tips cara menggoreng kerupuk biar kriuk dan gurih:

TIPS GORENG KERUPUK RAMBAK / KULIT 
1. Kerupuk kulit sudah dijemur sampai kering 
2. Siapkan minyak secukupnya sampai panas. 
3. Minyak agak banyak 
4. Goreng kerupuk pakai api sedang 
5. Sesuaikan jumlah dengan minyak 6. Terus bolak-balik kerupuk. 
7. Angkat saat berwarna keemasan. 

PEYEK 
"Tambahkan 2 sdm sagu/maizena. Maizena/sagu berguna mengisap air di dalam adonan. Sehingga, peyek akan tetap garing. Hal sama juga berlaku kalau mau bikin camilan yang digoreng macam tempe goreng.

KERUPUK UDANG 
1. Siapkan minyak secukupnya 
2. Pakai api sedang, tapi jangan terlalu panas 
3. Goreng maksimal 2 kerupuk 
4. Siram-siram kerupuk udang dengan minyak. Bolak balik sampai warnanya kuning kecokelatan atau sesuai selera. 
5. Tiriskan dan simpan di stoples.

KERIPIK BAYAM 
1. Adonan jangan terlalu kental 
2. Pakai banyak minyak 
3. Jangan kebanyakan bayam sekali menggoreng 
4. Goreng 1-3 menit pakai api sedang 5. Tiriskan pakai tisu kertas.

AGAR KERUPUK MENGEMBANG 
1. Tidak lembap/basah 
2. Pakau wajan cekung 
3. Pakai api sedang 
4. Goreng sedikit kerupuk ukuran kecil 
5. Kerupuk agak lebar, goreng satu per satu.

Selamat mencoba semoga berhasil. Sumber: yummy