-->

Jenis jenis jembatan berdasarkan struktur dan fungsinya

ada banyak variasi desain jembatan yang dibangun berdasarkan fungsi jembatan, sifat dari medan di mana jembatan dibangun, serta bahan yang digunakan untuk membuatnya, dan dana yang tersedia untuk membangun jembatan tersebut. Berdasarkan strukturnya. ada banyak sekali jenis jembatan di dunia ini. Mulai dari yang rumit pembuatannya sampai dengan yang mudah. Nah di daerah tempat tinggalmu ada jembatan seperti apa? 

berikut beberapa jenis-jenis jembatan yang umum ditemui di dunia beserta fungsinya: 

1. Jembatan cable stayed

Meski mirip mirip suspension bridge, yang sama-sama memiliki jalan yang Jembatan Cable-Stayed menggantung serta dua menara, pada jembatan Cable-stayed, kabel melekat pada menara dan menanggung sendiri beban.

2. Jembatan Truss

Truss Bridge atau dikenal juga dengan Beam Bridge with Truss merupakan desain versi lebih kokoh dibandingkan dengan Beam Bridge. Hal ini dikarenakan adanya Truss atau kerangka yang umumnya berbentuk tringular untuk menahan beban lebih baik.

3. Jembatan Arch 

Jembatan Arch Disebut Arch Bridge, karena memiliki desain melengkung setengah lingkaran layaknya sebuah panahan atau bentuk parabola. Meskipun desain ini lebih rumit namun dalam compssion proses pembuatannya lebih sedikit memerlukan material bangunan dibandingkan model Beam Bridge.

4. Jembatan suspensi 

Jembatan suspensi atau bisa disebut jembatan gantung ini terdiri dari menara dan tali/ kabel/ rantai serta jangkar Jembatan Suspensi yang menjadi sebuah sitem dalam mengurangi tegangan dan kompresi. Sesuai namanya, jembatan gantung, menahan jalan dengan kabel, tali atau rantai dari dua menara tinggi.

5. Jembatan cantilever

umumnya Jembatan dibuat dengan tiga bentang, yaitu bentang luar keduanya berlabuh turun di pantai dan Cantilever di atas saluran yang akan menyeberang. Rentang tengah bersandar pada lengan Cantilever yang membentang dari rentang luar yang berfungsi membawa beban vertikal seperti pada jembatan Truss.

6. Jembatan Beam

Disebut juga Jembatan Girder, jembatan ini merupakan desain jembatan paling sederhana di antara jembatan modern saat ini. Terdiri dari balok jalan horizontal serta ditumpu oleh balok batu yang menahan jalanan horizontal tersebut. Jembatan Beam teen compression

Nah..sekarng sudah tahu kan jenis jenis jembatan berdasarkan strukturnya. jembatan apa yang kamu temui di daerahmu? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Sumber:bumn

0 Response to "Jenis jenis jembatan berdasarkan struktur dan fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel