-->

Cara Menyembuhkan Penyakit Amandel Secara Tradisional

Amandel merupakan salah satu penyakit radang tenggorokan yang sering diderita oleh, anak-anak maupun orang dewasa. dan penyakit Radang amandel atau tonsilitis biasanya diakibatkan oleh bakteri kelompok A-streptokokus beta hemolitik. Selain oleh bakteri, radang ini juga bisa diakibatkan oleh udara yang terpapar virus dan percikan air liur dari orang yang memiliki gejala penyakit tertentu seperti flu atau batuk.


Radang amandel ada dua jenis, yakni radang akut dan radang kronis. Radang amandel akut memiliiki gejala seperti demam di atas 39 derajat celcius, nyeri tenggorokan yang mengakibatkan susah menelan selama 24-48 jam dan muntah. Radang amandel kronis ditandai gejala sering batuk pilek, suara serak dan kurang jelas, saat tidur mulut selalu terbuka, menurunnya semangat dalam melakukan aktivitas, lebih sering tidur dari biasanya, lemas dan muntah. Apabila terjadi gejala radang amandel bisa melakukan hal berikut.

• Periksa kondisi amandel anak sejak dini untuk mengetahui apakah ada pembengkakan atau tidak.
• Hindari meminum es, makanan asam dan pedas karena dapat memperparah radang amandel.
• Menjaga daya tahan tubuh dengan asupan makanan dengan gizi seimbang, seperti sayuran dan buah-buahan.
• Apabila menderita amandel kronis, konsultasikan dengan dokter THT.

Cara pencegahan penyakit Amandel
Agar bisa mempercepat pemulihan amandel anda harus pilih makanan dan minuman yang tepat supaya cepat pulih meski amandel bengkak. Ada sejumlah makanan yang menjadi pantangan bagi anda yang memiliki radang amandel, yaitu:

1. Minuman bersuhu panas
Minuman yang memperburuk kondisi radang. Saat amandel membengkak, hindari minuman bersuhu panas, sari buah dengan kadar asam tinggi, minuman mengandung kafein tinggi, dan minuman berkarbonasi. 

2. Makanan bertekstur keras
Makanan bertekstur keras atau memiliki ujung yang tajam dapat melukai amandel dan kerongkongan. Ini akan mengakibatkan nyeri yang lebih parah pada area tersebut. Karena itu, Anda perlu menghindari berbagai jenis kue, roti kering, kacang, makanan yang digoreng hingga garing, maupun camilan bertekstur renyah lainnya sebelum benar-benar pulih. 

3. Makanan bersifat asam
Selain sari buah dengan kadar asam yang tinggi, buah-buahan dan makanan bersifat asam juga sebaiknya dihindari saat amandel membengkak. Hindari konsumsi buah-buahan sitrus, acar, buah kalengan, serta jus dan saus tomat sebelum Anda benar-benar sembuh dari radang amandel.

Makanan sehat untuk penyakit Amandel
Penderita radang amandel disarankan untuk mengonsumsi asupan padat nutrisi yang mudah ditelan untuk meredakan infeksi dan mempercepat penyembuhan. Berikut adalah jenis makanan dan minuman yang dianjurkan: 

• Sumber cairan. 
• Makanan bertekstur lembut. 
• Makanan dan minuman dingin. 
• Teh dan madu.

OBAT UNTUK RADANG AMANDEL
mengkudu, jeruk nipis dan manggis Di bawah ini ada 3 bahan untuk membuat ramuan obat amandel: 

1. Buah mengkudu
2 buah mengkudu dan madu muni secukupnya. peraslah dahulu buah mengkudu tersebut, saringlah dan tambahlah sedikit air panas. Setelah itu air perasan tersebut dimasukkan ke dalam gelas, Kemudian campurlah dengan madu dan aduklah hingga rata. 
Cara pakai
Obat ini diminum 3 hari sekali, dan minumlah obat tersebut terus dipakai berkumur terlebih dulu selama beberapa menit kemudian baru ditelan. 

1. Jeruk nipis
3 buah jeruk nipis. Peraslah jeruk tersebut, kemudian ambil airnya dan berilah sedikit kapur sirih. Kemudian aduk yang rata. 
Cara pakai
Obat ini'diminum saat sebelum tidur pada malam hari dan hal tersebut dilakukan selama 3 hari berturut-turut. 

3. Kulit manggis
15 gram kulit manggis yang sudah kering dan 2 sendok teh minyak permen. kulit manggis tersebut direbus dengan 2 botol air sampai mendidih sehingga tinggal 1 botol. Setelah itu teteskanlah minyak permen dan aduklah hingga rata, Tunggu sampai dingin setelah itu minumlah.

Semoga yang lagi mempunyai penyakit Radang Amandel diberikan kesembuhan dan kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel