-->

Posisi tidur yang baik dan benar menurut Sunnah Rasulullah

Tidur merupakan suatu kebutuhan setiap orang untuk me-restart semua organ tubuhnya. Selain itu kegiatan ini juga dapat menyegarkan pikiran. Namun terkadang seseorang tidak begitu peduli dengan posisi tidurnya sehingga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan dan bahkan dapat menyebabkan kematian secara mendadak. Salah satu posisi tidur yang membahayakan bahkan menyebabkan kematian adalah posisi tidur terlentang. Bahaya tidur terlentang yang menyebabkan kematian tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Orang yang tidur dalam posisi terlentang dapat memicu gangguan pada organ-organ penting seseorang seperti organ pernafasan dan organ pencernaan. 

Dalam posisi tidur terlentang, saluran pernafasan seseorang akan terhambat sehingga seseorang tidak bisa menghirup oksigen dengan baik. Jika hal ini berlangsung dalam waktu yang lama maka dapat dimungkinkan akan terjadi kematian karena tubuh tidak dapat mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Inilah alasan mengapa kematian mendadak karena tidur telentang dapat terjadi. Posisi tidur terlentang dapat memicu terserangnya penyakit pada pernafasan dan bahkan dapat terserang peradangan pada gusi. Mengapa demikian? Lendir dalam hidung orang yang tidur terlentang tidak dapat menyaring udara yang masuk dengan baik, padahal udara yang masuk melalui hidung harus difilter terlebih dahulu oleh lendir hidung sehingga terbebas dari kuman penyakit. Hal inilah yang menyebabkan seseorang dapat mudah terserang penyakit jika tidur dalam posisi terlentang.


Bahaya Tidur tengkurap

Bahaya kesehatan tidur tengkurap? Ulama sekaligus pakar kedokteran, Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah berkata, "terlalu sering tidur dengan sisi kiri membahayakan bagi jantung karena kecendrungan anggota (organ dalam) ke kiri, maka bisa menekannya. Dan cara tidur yang kurang baik juga adalah terlentang. Tetapi tidak mengapa jika sekedar untuk beristirahat tanpa tidur. Dan yang kurang baik juga adalah cara tidur berbaring dengan mukanya (tengkurap). 

Ilmu kedokteran modern membuktikan tidur tengkurap berbahaya, apalagi tidurnya pulas dan lama karena saat tidur tengkurap otomatis otot dada/otot pernafasan kita tidak dapat mengembangkan dada dengan baik dan maksimal, sehingga aliran oksigen menjadi lebih sedikit dan bisa berakibat menjadi sesak nafas. Demikian juga tidur pada sisi kiri badan (yaitu menghadap ke kiri) juga berbahaya, karena organ-organ bisa menghimpit jantung sehingga sirkulasi darah terganggu dan mengurangi pasokan darah ke otak. Sedangkan tidur terlentang akan kurang baik jika bagian tubuh tidak ditopang dengan baik atau tidak menyentuh tempat tidur dengan ideal sehingga bisa menyebabkan nyeri punggung ketika bangun tidur.

Lalu bagaimana posisi tidur yang baik dan benar untuk kesehatan tubuh kita? Menurut Sunnah Rasulullah tidur yang baik itu posisinya miring ke kanan karena menurut pakar kesehatan banyak sekali manfaat tidur miring ke kanan diantaranya seperti berikut ini:

MANFAAT tidur miring ke kanan  Sesuai Sunah Rasulullah SAW

• Mengurangi beban jantung 

• Menjaga kesehatan paru-paru 

• Mengistirahatkan lambung 

• Memperlancar pernapasan 

• Meningkatkan penyerapan gizi 

• Melancarkan buang air besar


Adab sebelum tidur

Adab Tidur Sesuai Tuntunan Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam ini menjelaskan sejumlah adab dalam tidur sesuai dengan yang diajarkan Rasulullah. Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam bersabda:

Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu ” ( HR . Bukhari no . 247 dan Muslim no . 2710 ) 

Dari Hudzaifah, ia berkata:  Apabila Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam hendak tidur beliau mengucapkan : 

Bismika allahumma amuutu wa ahya ( Dengan nama - Mu , Ya Allah aku mati dan aku hidup ) ? Dan apabila bangun tidur , beliau mengucapkan : “ Alhamdulillahilladzii ahyaana ba'da maa amatana wailaihi nusyur ( Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami , dan kepada - Nya lah tempat kembali. ( HR . Bukhari no . 6324

Amalan sebelum Tidur 

• Tidur lebih awal 

• Menutup pintu 

• memadamkan api ( lampu ) , menutup bejana 

• Berwudhu 

• Mengibas kain tempat tidur 3x 

• Berbaring pada bagian kanan badan menghadap kiblat. 

hindari tidur tertelungkup Bermuhasabah : bersyukur & bertaubat 

• Membaca bbrp surat Al Quran : Al Ikhlas , Al Falaq , Al Kafirun , An Naas , Ayat kursi , 2 ayat terakhir Al Baqarah Baca doa sebelum tidur Berdzikir hingga tertidur , usahakan dial un kalimat Tauhid ( La illaha ilallah )


Yukk Amalin amalan luar biasa ini Dari Abdullah bin Mas'ud RA, ia berkata: " Barang siapa membaca ' Tabarakalladzi bi yadihil Mulk ' ( Surat Al Mulk ) setiap malam , maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur.  Kami di masa Rasulullahshallallahu ' alaihi wa sallam menamakan Surat tersebut ' Al - Mani'ah ( penghalang dari siksa kubur ) Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barang siapa membacanya setiap malam maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan ( HR . An Nasai dalam Al - Kabir 6/179 dan Al - Hakim

itulah beberapa manfaat posisi tidur yang baik untuk kesehatan dan amalan sebelum tidur menurut Sunnah Rasulullah shalallahu alaihi wasallam, semoga artikel ini bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel