-->

3 manfaat pasir silika untuk keperluan industri dan media filter air

Pasir Silika merupakan pasir yang banyak manfaatnya dan banyak digunakan terutama dalam produksi kaca untuk jendela, gelas minum, botol minuman, dan banyak kegunaan lain. Mayoritas dari serat optik untuk telekomunikasi juga terbuat dari silika. Ini adalah bahan baku utama untuk keramik banyak whiteware seperti tembikar, keramik, porselin, serta industry semen Portland. Silika adalah aditif yang umum dalam produksi makanan, di mana ia digunakan terutama sebagai agen aliran dalam makanan bubuk, atau untuk menyerap air dalamaplikasi higroskopik. Ini adalah komponen utama dari tanah diatom yang memiliki banyak kegunaan mulai dari penyaringan untuk serangga kontrol. Itu juga merupakan komponen utama dari abu sekam padi yang digunakan, misalnya, dalam pembuatan filtrasi dan semen. 



Silika juga digunakan dalam ekstraksi DNA dan RNA karena kemampuannya untuk mengikat asam nukleat bawah kehadiran chaotropes. Sebagai silica hidrofobik digunakan sebagai komponen defoamer. Dalam bentuk terhidrasi, digunakan dalam pasta gigi sebagai abrasive sulit untuk menghilangkan plak gigi.

Dalam kapasitasnya sebagai bahan tahan api, itu berguna dalam bentuk serat sebagai kain perlindungan termal suhu tinggi. Dalam kosmetik, hal ini berguna untuk sifat cahaya menyebar dan serap alami. Silika koloid digunakan sebagai age jusanggur dan denda. Dalam produk farmasi, silica bantu aliran bubuk saat tablet terbentuk. Akhirnya, ia digunakan sebagai senyawa peningkatan termal di industripanas sumber tanah pompa.

Pasir silika sangat beragam jenisnya, hal ini disebabkan oleh daerah asal pasir itu sendiri dan itu menjadi alasan mengapa silika memiliki banyak ragam, baik dari warna, bentuk, berat jenis dan kandungan-kandungan yang tersimpan didalamnya. Lalu mengenai fungsi dari pasir silika, silika memiliki banyak sekali fungsi, dari mulai ukuran yang halus hingga yang kasar. Pasir silika banyak memberikan manfaat bagi sektor industrial. Berikut beberapa penerapan pasir silika untuk industri:

1. Sand Blasting 

Sand blasting merupakan teknik pembersian kerak - kerak (karat besi biasanya terjadi di mesin atau pipa) Dengan semprotan pasir silika bertekanan tinggi. Dengan ukuran mesh (tingkat kehalusan/penyaringan) 8x30. Sand blasting juga bisa digunakan dalam Proses menghilangkan cat dengan metode sandblasting karena tergolong cepat dan hanya membutuhkan waktu 1-2 hari saja. 

Keuntungan sandblasting:

a. Membersihkan material besi / logam yang terkontaminasi karat dan lainnya

b. Mengupas cat lama yang sudah rusak atau pudar

c. Membuat profil (kekasaran) pada permukaan metal, sehingga cat lebih melekat. 

2. Sandbox Playground 

Pasir silika juga bisa diterapkan untuk media tambahan Playground. Karena pasir silika memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga aman untuk anak kecil bermain. 

3. Media Filter air 

Pasir silika berasal dari dalam kerak bumi, terdiri dari elemen penting yaitu Kandungan mineral (silikon dioksida).Elemen mineral yang terkandung di dalam pasir silika sangat cocok untuk media filter untuk air. bentuk ukuran butir yang dihasilkan akan menghasilkan filtrasi yang efisien untuk menghilangkan kontaminasi yang terdapat pada kandungan dalam air. . Masih banyak lagi penerapan di sektor industrial yang menggunakan media pasir silika seperti industri gelas kaca, semen, untuk cor-coran, bahan genteng,

itulah beberapa manfaat dari pasir silika yang banyak sekali manfaatnya terutama untuk keperluan industri. Semoga artikel ini bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel