-->

Featured Posts


10 Tempat wisata di Lombok yang keren dan wajib dikunjungi

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata terkenal ke 2 setelah bali, tidak heran jika Lombok sekarang menjadi tempat wisata yang sangat digemari para pelancong, jika anda dan keluarga berniat berlibur ke Lombok pastikan untuk mengunjungi tempat-tempat berikut, seperti Gili island, Mount Rinjani, Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno island dan masih banyak lagi. Karena Lombok banyak tempat untuk berwisata. 

Berikut 10 Tempat wisata di Lombok yang keren dan juga wajib anda kunjungi bersama keluarga:

1. Gili island

Kepulauan Gili adalah kelompok dari 3 pulau kecil - Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air - di Indonesia, dekat pantai barat laut Pulau Lombok. Ditandai dengan pantai berpasir yang dikelilingi pohon palem, mereka terkenal dengan terumbu karangnya di lepas pantai. Di pulau terkecil Gili Meno, penyu berenang di Turtle Point. Di Gili Trawangan, pulau terbesar, sebuah kapal yang tenggelam berada di Wreck Point dekat Pantai Mentigi.

2. Mount Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Rinjani memiliki panaroma paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) banyak dikunjungi pencinta alam mulai dari penduduk lokal, mahasiswa, pecinta alam. Suhu udara rata-rata sekitar 20 °C; terendah 12 °C. Angin kencang di puncak biasa terjadi di bulan Agustus. Selain puncak, tempat yang sering dikunjungi adalah Segara Anakan, sebuah danau terletak di ketinggian 2.000m dpl. Untuk mencapai lokasi ini kita bisa mendaki dari desa Senaru atau desa Sembalun Lawang (dua entry point terdekat di ketinggian 600m dpl dan 1.150m dpl) di daerah Sembalun yang terkenal sebagai daerah perkebunan Ashitaba.


Ada empat jalur pendakian yang resmi untuk menuju Gunung RInjani, Jalur Sembalun (Lombok Timur), Jalur Senaru (Lombok Utara), Jalur Aik Berik (Lombok Tengah), dan Jalur Timbanuh (Lombok Timur). Kebanyakan pendaki memulai pendakian dari rute Sembalun dan mengakhiri pendakian di Senaru, karena bisa menghemat 700 m ketinggian. Rute Sembalun agak panjang tetapi datar, dan cuaca lebih panas karena melalui padang savana yang terik (suhu dingin tetapi radiasi matahari langsung membakar kulit). krim penahan panas matahari sangat dianjurkan.

3. Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam; kedai "Tîr na Nôg" mengklaim bahwa Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar Irlandia-nya. Bagian paling padat penduduk adalah sebelah timur pulau ini.

Trawangan punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.

4. Gili Air

Gili Air merupakan salah satu dari tiga pulau gili terkenal di Lombok, yaitu Gili Trawangan, dan Gili Meno. Ketiga pulau ini terkenal dengan keindahan pantainya, maka tak heran apabila Gili Air menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Lombok. 

Dari ketiga pulau gili yang telah disebutkan diatas, Gili Air merupakan pulau yang letaknya paling dekat dengan pulau Lombok.Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan berada di kawasan barat pantai Lombok, serta mampu menampilkan gambaran keindahan pantai-pantai yang berada di Lombok. Lokasi Gili Air tepatnya teletak di Desa Gili indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.


Berkunjung ke Gili Air wisatawan dapat menjelajahi beberapa titik untuk menikmati keanekaragaman hayati laut Indonesia. Diantaranya pengunjung dapat melihat spot kuda laut, kura-kura, beragam ikan dengan berbagai warna, serta keanekaragaman penghuni laut lainnya. Masyarakat setempat mnyebut GIli Air dengan nama "Tengaq Aiq" yang berarti ditengha-tengah laut. Mayoritas penduduk asli Gili Air berasal dari suku bugis dan suku sasak, dan mereka bermata pencaharian utama sebagai nelayan, pedagang, dan pemandu wisata. Mayoritas pengunjung GIli Air merupaka wisatawan mancanegara, seperti dari negara Inggris, Prancis, Australia, Belanda, Italia, maupun negara-negara lainnya. Gili Air biasanya ramai dikunjungi wisatawan pada bulan Juli hingga Agustus.


5. Gili Meno island

Gili Meno adalah salah satu dari tiga pulau kecil, selain Gili Trawangan dan Gili Air, yang menjadi kawasan wisata bahari. Tempat ini dapat dicapai dari Kota Mataram sekitar 45 menit berkendaraan darat dengan perjalanan melewati Pantai Senggigi yang berlatarkan pemandangan pantai yang menakjubkan serta hutan lindung. Di sini terdapat taman burung yang mempunyai koleksi burung-burung langka dari Indonesia dan mancanegara. Pasirnya putih dan masih alami. Di Gili Meno kendaraan bermotor sangat dibatasi, demikian pula penggunaan listrik. Alternatif kendaraan hanya terdapat sepeda dan Cimodo.

Di Gili ini anda bisa snorkeling atau berenang sembari menikmati karang dan biodiversitasnya. Di Pulau ini menyajikan kicauan-kicauan burung yang mampu menenangkan hati dan pikiran anda. Jika tidak puas hanya dengan mendengar kicauannya, anda juga bisa memegangnya secara langsung dengan mengunjungi Bird Park yang terletak di Bird Pak Homestay.

6. Lake segara anak

Segara Anak adalah danau kawah dalam kaldera yang terbentuk saat letusan gunung berapi eksplosif Gunung Samalas tahun 1257 . Kaldera sebelah Gunung Rinjani di Pulau Lombok di Indonesia . "Segara Anak" berarti "anak laut" dan mengacu pada kemiripan danau biru dengan laut. Kerucut vulkanik Gunung Barujari berada di ujung timur danau dan bertanggung jawab atas bentuk bulan sabitnya. Suhu danau adalah 20–22 ° C (68–72 ° F), yaitu 5-7 ° C (9-13 ° F) lebih tinggi dari biasanya untuk danau pada ketinggiannya. Magma panas di bawah danau bertanggung jawab atas anomali ini. Gelembung gas keluar dari dasar danau, membantu danau memiliki pHdari 7-8.

Permukaan Segara Anak adalah 2.004 meter (6.575 kaki) di atas permukaan laut rata-rata (AMSL) dan merupakan danau kaldera tertinggi kedua di Indonesia dengan gunung berapi aktif. Puncak Gunung Baru Jari adalah AMSL 2.376 meter (7.795 kaki). Danau ini mencakup 45 kilometer persegi (17 mil persegi), dengan dimensi 7,5 kali 6,0 kilometer (4,7 kali 3,7 mil), dan memiliki kedalaman maksimum 230 meter (750 kaki).

7. Pantai Kuta Lombok

Kuta adalah sebuah kota pantai di selatan pulau Lombok di Indonesia.

Pemandangannya spektakuler, dengan tebing dan pegunungan mencapai pantai untuk menciptakan lanskap dan pemandangan yang bergerigi dan menakjubkan. Pantainya adalah beberapa yang terbaik di Indonesia, dengan pasir putih bersih, dan biru kehijauan transparan di dalam air. Kuta memiliki beberapa tempat selancar terbaik di dunia, jadi tentu saja banyak pengunjungnya adalah para peselancar.

8. Sendang Gile waterfall

Air terjun Sendang Gile adalah air terjun yang terletak di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara, propinsi Nusa Tenggara Barat. Lebih tepatnya berada di kawasan desa Senaru, 2 kilometer dari desa Bayan. Objek wisata ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Ini disebabkan karena air terjun ini merupakan pintu masuk pendakian menuju gunung Rinjani. Selain itu, ternyata air di Sendang Gile berasal dari mata air di Gunung Rinjani yang sangat sejuk dan alami.

Untuk menuju ke tempat ini, para pengunjung harus melalui dua ratusan anak tangga yang mencapai ketinggian 40 meter, dan jembatan berlubang melalui sebuah lembah yang membutuhkan waktu penjelajahan sekitar 15 menit. Perjalanan alternatif juga bisa dilakukan dengan cara menyelusuri pinggir lembah yang agak curam dan mengikuti saluran irigasi serta menyeberangi jembatan yang terbuat dari rotan.

Air terjun ini sering juga di sebut oleh penduduk setempat sebagai Batu Ko’ (batu kerbau). Menurut cerita rakyat setempat, dulu Sendang Gile adalah tempat bidadari mandi ketika turun ke bumi. Ada juga yang berpendapat bahwa nama ini berasal dari seseorang yang menemukan air terjun ini secara tidak langsung saat memburu singa yang masuk ke hutan setelah mengacaukan sebuah kampung. Penduduk kampung setempat menyebut singa gila dengan sebutan sengang gile, tetapi, lambat laun pelafalan tersebut menjadi sendang gile. Para penduduk percaya bahwa mandi ataupun membasuh muka di air terjun Sendang Gile, akan membuat seseorang menjadi lebih tua seratus tahun daripada usia sebenarnya.


9. Pantai tangsi

Pantai Tangsi atau yang lebih dikenal dengan Pantai Pink dari Pulau Lombok terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur adalah sebuah destinasi wisatawan yang menarik dan patut untuk dikunjungi karena keunikannya. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna pink, dan satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki pasir pantai berwarna pink.

Pasir Pantai yang berwarna Pink

Warna pink pada pasirnya terbentuk karena butir-butir asli warna putih pasir bercampur dengan serpihan karang merah muda. Bias sinar matahari dan terpaan air laut menambah semakin jelas terlihat warna pink pantai tersebut. Pantai ini begitu tenang dan hanya memiliki ombak yang kecil sehingga membuat wisatawan lebih nyaman ketika bermain disana. Keindahan Pantai Pink pun terlihat sempurna dengan hamparan bukit di sekelilingnya. Di sisi kiri ada bukit dengan padang rumput yang luas dan dari bukit inilah pemandangan Pantai Pink terlihat sangat indah. Selain itu, ada juga tanjung yang eksotis di sisi kanan dengan gazebo yang memang disediakan di atasnya.

Letaknya yang tersembunyi dan jauh dari pusat kota membuat pantai ini terjaga keindahannya. Infrastruktur yang tidak memadai membuat anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kota Mataram dan ketika anda sampai di sana jangan harap akan menemukan warung atau penginapan.[5] Oleh karena itu, disarankan anda membawa makanan dari kota dan kembali ke kota untuk menginap.

10. Kuta Mandalika

Mandalika adalah kawasan wisata seluas 1.035 hektar yang berlokasi di di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Sejak tahun 2017, Mandalika sudah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata yang diharapkan dapat menjadi tempat liburan yang cukup representatif di Lombok karena dilengkapi beberapa hotel dan beragam fasilitas rekreasi. Mandalika, saat ini, sudah memiliki 7 spot wisata alam yang memesona wisatawan.

Yang lebih dulu terkenal dari kawasan Mandalika adalah Pantai Kuta, Lombok di ujung Barat Mandalika. Namanya sering dibandingkan dengan Pantai Kuta Bali. Pantai Kuta Lombok lebih indah daripada yang di Bali, lebih bersih dan lebih sepi. Kawasan Pantai Kuta kini menjadi yang paling berpotensi untuk berkembang dibanding spot lain di Mandalika. Fasilitasnya lumayan lengkap, apalagi tidak jauh dengan Masjid Agung Nurul Bilad yang baru diresmikan Presiden Jokowi. Tempat inilah yang juga akan dibangun sirkuit jalanan Mandalika untuk MotoGP 2.

Bagi yang belum pernah kesini jangan patah semangat ya.. nabung dulu jika duitnya sudah cukup baru deh..bisa liburan ke Lombok. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel