-->

Sunnah nabi, mengibaskan tempat tidur ketika hendak rebahan

Adab ketika meninggalkan rumah yang telah lama di tinggalkan. Biasanya kalau bepergian untuk jangka waktu yang lama, rumah atau kost-kostan tidak ada yang menunggui dan itu bisa menjadi sarang mahluk halus yang tidak kasat mata, mungkin ada yang percaya ada juga yang tidak. Tapi kenyataannya memang begitu karena kebanyakan rumah tanpa penghuni biasanya auranya terasa berbeda seperti ada yang menunggui. Jangan sampai rumah kita seperti itu, Nah.. supaya rumah kita aman usahakan setelah sampai di rumah ucapkan bismillahirrahmanirrahim lalu membuka pintu. 

setelah sampai di dalam rumah ucapkan Alhamdulillah segala puji syukur bagi Allah SWT. Biasanya setelah seharian diperjalanan kita merasa lelah dan penat, usahakan Jangan langsung rebahan! Dan Lakukan hal ini terlebih dahulu sebelum kamu menempati kembali kamar kostmu atau rumah yang telah kosong selama ditinggalkan entah itu pergi mudik, berlibur, dan lainnya. Sebelum kita tidur usahakan kibas- kibas tempat tidur sebelum rebahan.


Sebagaimana yg kita tahu, kamar yang didalamnya tidak dilakukan ibadah atau tidak dibacakan ayat ayat kitab suci Alquran akan sangat rawan menjadi tempat tinggal jin, apalagi yang kamar mandinya berada di dalam kamar karena kita tahu kamar mandi adalah "rumah" Bagi jin di setiap rumah manusia.


Apa yang harus kita lakukan? 

Hal yang pertama dilakukan ketika memasuki kamar kost atau rumah adalah mengucapkan bismillah. Walaupun kamu tahu tidak ada orang didalam kamarmu tetaplah ucapkan salam, karena jin tidak akan ikut masuk ke ruangan yang diucapkan salam. Setelah itu lakukan bersih-bersih kamar dan bersihkan debu di sekitaran kasur dan kamarmu, untuk menghindari penyakit pernafasan. Kuras bak mandi atau penampungan air di wc dan lain lain.


Kibas-kibas pakai kain

Sebelum rebahan ucapkan bismillah sambil mengkibas-kibaskan diatas ranjang-mu sebagaimana hadits "Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, 'bismillaah, karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi." (HR. Bukhari Muslim) Lalu usahakan membaca surah dalam kitab suci.


Membaca doa

Lalu baca doa dibawah ini seperti yang terdapat di surah al Baqarah terutama ayat kursi dan ayat ayat terakhir surah tersebut. Bacakan di tiap tiap sudut kamar. Lalu bisa ditambah dengan shalat sunnah apapun di kamarmu. Jika kamu nantinya tidur dan mengalami mimpi atau hal buruk, bisa bacakan doa ini:


Bismika Rabbi wadha’tu janbi wa bika arfa’uhu, in amsakta nafsi farhamha wa in arsaltaha fahfadzha bima tahfadza ibadaka ash-shalihin.


Artinya

(Dengan nama-Mu Rabb aku meletakkan badanku dan dengan nama-Mu aku mengangkatnya, Jika Engkau menahan jiwaku, maka rahmatilah dan jika Engkau melepaskannya maka jagalah dengan cara Engkau menjaga hamba-hambaMu yang shalih)’.” (HR. Imam Bukhari)


Sebagaimana seorang muslim mempersiapkan diri sebelum tidur. Membersihkan tempat tidur, lalu berdoa. Lengkaplah persiapannya tersebut. Ada persiapan, ada doa. Maka, setelah semuanya sudah dilakukan, tawakallah. Selebihnya, Allah yang akan melindungi dari sesuatu yang mungkin tidak tampak oleh penglihatan manusia. Inilah fungsi sunnah ini. Tarekatnya kita lakukan, hakekatnya hanya Allah jua yang Tahu atas Segalanya. Dengan melaksanakan sunnah Rasulullah, kita akan mendapat pahala di sisi-Nya.

itulah beberapa tips supaya kita terhindar dari mahluk halus yang tidak nampak oleh kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel