-->

Manfaat Pijat Refleksi area wajah membuat pikiran menjadi rileks

Pijat refleksi merupakan ilmu yang mempelajari ilmu tentang pijat di titik-titik tubuh tertentu. Pijat ini dilakukan dengan alat tangan dan benda-benda lain berupa kayu, plastik, atau karet. Praktisi pijat ini mempunyai pengetahuan tentang saraf-saraf manusia, dan masih berhubungan dengan pengobatan tusuk jarum. Umumnya, pijat refleksi dilakukan pada titik-titik syaraf yang ada di tangan dan kaki. Ada beberapa ahli pijat yang memfokuskan penekanan pada titik syaraf di kaki. Namun, beberapa penyakit yang tidak dapat diselesaikan dengan titik refleks kaki harus ditangani dengan titik refleks tangan. Sebenarnya baik tangan dan kaki memiliki titik refleksi yang saling sinergi dan saling menguatkan. Jadi langkah baiknya jika kita melakukan pijat refleksi lengkap (kaki dan tangan).

Pengobatan ini banyak dijumpai di tempat-tempat pijat relaksasi dan toko-toko sinshe. Umumnya pengobatan yang dilakukan adalah untuk penyakit-penyakit yang sering dijumpai di kehidupan sehari-hari, seperti sakit jantung, sakit lambung (maag), penyakit kulit, patah tulang, batu ginjal, batu empedu, kencing batu, diabetes melitus, hipertensi, dan sakit pinggang.


1. Tarik Nafas dan Hangatkan Wajah

Tutup mata, tarik nafas panjang dari hidung, keluarkan dari mulut secara perlahan. Lakukan sebanyak 5 kali. Kedua tangan saling gosokkan hingga

telapak tangan terasa hangat, tempelkan kedua tangan di wajah.

Manfaat

Memberikan efek relaksasi. Jika merasa nyaman, lakukan sampai 10 kali

dengan tetap menarik nafas panjang.


2. Pijat Dahi dan Dagu

Pijat dahi dengan jari-jari tangan kedua tangan (kecuali ibu jari) ke arah luar.

Pijat dahi sebanyak 5 kali. Kemudian, tarik tangan ke bawah, kemudian dengan jari tengah dan jari manis lakukan gerakan memutar di dagu sebanyak 3 kali. Ulangi rangkaian gerakan ini sebanyak 5-10 kali.

Manfaat:

mengurangi ketegangan otot wajah.


3. Pijat Titik Diantara 2 Alis

Pijatlah tulang tepat di atas hidung, di antara dua alis. Gunakan jari telunjuk untuk memijat dengan gerakan memutar searah jarum jam selama 30-60 detik. Jika terasa pusing, di rumah anda boleh mengiris jeruk nipis dengan potongan melintang 1/3 buah. Letakkan di posisi yang sama, dan pencet bagian tengah jeruk dengan jari telunjuk hingga menempel dan memberikan efek vakum. Biarkan menempel selama 30-60 detik.

Manfaat :

memperbaiki ritme circadian (perintah waktu bangun dan tidur). Tidur pun jadi pulas !


4. Pijat Kedua Kening

Posisi tangan kedua ibu jari kanan kiri menempel di rahang bawah kanan kiri. Pijat kedua kening lurus antara mata dan alis dengan jari telunjuk dan jari

tengah kanan kiri. Lakukan pijatan dengan gerakan memutar searah jarum jam selama 30-60 detik.

Manfaat:

mengurangi ketegangan dan pusing kepala.


5. Pijat Daerah Sinus

Posisi tangan menghadap ke atas. Jari-jari kanan kiri menempel di telinga dan

ibu jari kanan kiri menempel di sisi luar hidung. Perlahan gerakkan ibu jari ke arah luar mengikuti garis tulang pipi. Gerakan harus lembut dan perlahan agar tidak sakit. Lakukan pijatan selama 15-30 detik.

Manfaat :

Nafas menjadi lebih lega!

Posisi tangan menghadap ke atas. Jari-jari kanan kiri menempel di telinga dan

ibu jari kanan kiri menempel di sisi luar hidung. Perlahan gerakkan ibu jari ke arah luar mengikuti garis tulang pipi. Gerakan harus lembut dan perlahan agar tidak sakit. Lakukan pijatan selama 15-30 detik.Manfaat: Nafas menjadi lebih lega.


6. Pijat Dahi dan Dagu

Pijat dahi dengan jari-jari tangan kedua tangan (kecuali ibu jari) ke arah luar.

Pijat dahi sebanyak 5 kali. Kemudian, tarik tangan ke bawah, kemudian dengan jari tengah dan jari manis lakukan gerakan memutar di dagu sebanyak 3 kali. Ulangi rangkaian gerakan ini sebanyak 5-10 kali.

Manfaat:

mengurangi ketegangan otot wajah.


7. Pijat di Garis Rahang 1

Posisi tangan, ibu jari kanan kiri menempel di leher. Keempat jari menempel di pipi tepat di sendi rahang. Lakukan pijatan dengan lembut dengan gerakan memutar ke arah bawah, hingga kedua jari kelingking saling bertemu. Lakukan pijatan 5-10 kali.

Manfaat :

mengurangi gangguan perut karena stress, kaku rahang dan gangguan pendengaran.


8. Pijat di Garis Rahang 2

Posisi tangan, ibu jari kanan kiri menempel di bawah dagu. Jari telunjuk menempel di dagu. Lakukan pijatan dengan lembut ke arah atas, hingga otot pipi tertarik ke atas seperti saat tersenyum. Lakukan pijatan 5-10 kali.

Manfaat :

Mengencangkan otot pipi, mengurangi gangguan perut karena stress, kaku rahang dan gangguan pendengaran.


9. Pijat di Sepanjang Daun Telinga

Berikan pijatan lembut di sepanjang pinggiran daun telinga dari atas ke bawah. Pijat dengan ibu jari dan jari telunjuk Lakukan pijatan 5-10 kali.

Manfaat :

memperbaiki organ-organ penting dalam sistem tubuh juga mengurangi kelelahan kaki dan tangan.


10. Akhiri dengan Pijat Dahi dan Dagu kembali

Pijat dahi dengan jari-jari tangan kedua tangan (kecuali ibu jari) ke arah luar. Pijat dahi sebanyak 5 kali. Kemudian, tarik tangan ke bawah, kemudian dengan jari tengah dan jari manis lakukan gerakan memutar di dagu sebanyak 5 kali. Ulangi rangkaian gerakan ini sebanyak 5 kali.

Manfaat :

mengurangi ketegangan otot wajah.


itulah beberapa manfaat pijat refleksi area wajah, semoga artikel ini bermanfaat untuk semua

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel