-->

10 Buah-buahan yang baik untuk menyembuhkan mata minus

Mata merupakan jendela dunia, karena Mata adalah suatu anugrah dari Tuhan, dengan mata kita bisa melihat keindahan alam semesta beserta isinya. Didalam mata terdapat struktur yang menunjang untuk memastikan bahwa mata ini bisa berkerja dengan baik. Untuk itu perlu beberapa asupan gizi agar kita dapat menjaga kesehatan mata tersebut. Ternyata terlalu lama menatap layar hp bisa merusak mata serta sinar lainnya yang dapat merusak mata. Seperti halnya cahaya yang ada pada gadget, komputer, laptop ataupun semua yang ada didalam kehidupan kita setiap harinya. 



Jika mata terlalu berlebihan dalam menyerap cahaya pada aktivitas tersebut mungkin akan mengakibatkan terjadinya beberapa gangguan mata bahkan mengundang penyakit yang dapat merusak mata. Maka dari itu, kandungan gizi atau vitamin yang ada pada sumber makanan tertentu sangatlah dibutuhkan untuk kesehatan mata, yaitu untuk agar dapat menjaga mata tetap dalam keadaan sehat walafiat. Nah berikut adalah beberapa kandungan gizi yang dapat berguna untuk membantu menjaga kesehatan mata. Berikut adalah beberapa buah-buahan yang baik untuk menjaga kesehatan mata:

1. Ginko biloba

Ginkgo Biloba adalah tanaman yang berasal dari daratan Tiongkok. Sejak lama tanaman ini dapat mengobati beberapa masalah kesehatan. Daun ginkgo biloba sering digunakan karena khasiatnya dapa meningkatkan aliran darah pada pembuluh darah kecil. Ginkgo Biloba dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang dapat memperbaiki fungsi sel platelet dan saraf aliran darah ke sistem saraf dan otak. Lalu kemampuannya meningkatkan pelebaran pembuluh darah, dapat membantu mengurangi kerusakan retina akibat degradasi makula dan dapat membalikan ketulian yang disebabkan berkurangnya aliran darah.

2. Daun seledri 

Secara ilmiah, daun seledri memiliki nama Apium graveolens dan merupakan salah satu jenis tumbuhan obat herbal juga. Tidak hanya ditemukan di Indonesia, seledri juga ditemukan di berbagai Negara seperti Cina, Korea, Jepang, hingga daratan Eropa. Dari tanaman seledri sebenarnya tidak hanya daunnya saja yang dimanfaatkan, mulai dari akar, batang hingga umbinya sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai bumbu ataupun obat herbal. Mempunyai banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, maka manfaat seledri untuk mata dan tubuh diantaranya: Mengatasi Mata Kering, Meningkatkan fokus mata, mencegah katarak.

3. Buah alpukat

Kandungan Lutein yang ditemukan dalam alpukat juga dapat mendukung kesehatan mata, seperti halnya zeaxanthin-karotenoid lain dalam alpukat. Lutein dan zeaxanthin dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula. Selain itu, lemak tak jenuh tunggal bermanfaat bagi mata dengan membantu meningkatkan penyerapan karotenoid ramah mata.

4. Wortel

Wortel merupakan sayur buah yang banyak mengandung vitamin A dalam bentuk betakaroten (karotenoid) yang dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Vitamin A ini membantu mata untuk bisa melihat. Hal ini dilakukan vitamin A dengan cara membantu mengonversikan cahaya yang diterima mata menjadi sinyal yang dapat ditransmisikan ke otak. Hal ini kemudian membuat orang bisa melihat dalam kondisi cahaya rendah. Saat Anda mengonsumsi wortel yang mengandung betakaroten, tubuh akan mengubah betakaroten tersebut menjadi vitamin A dalam bentuk retinol. Retinol ini dapat ditemukan dalam sel-sel mata yang disebut dengan sel batang. Sel inilah yang akan mengonversikan cahaya menjadi gambar dalam otak, sehingga Anda dapat melihat dalam cahaya lemah.

5. Blueberry

Inilah yang istimewa dari buah blueberry, zat antosianosida ini mampu membangun kapiler kuat yang terdapat di sebagian besar pembuluh darah di mata sehingga meningkatkan aliran darah dan pengiriman oksigen ke dalam kapiler. Peningkatan aliran darah ke mata dapat mencegah hipertensi okular yang dapat mengurangi resiko glaukoma. Selain untuk mata minus, bilberry atau blueberry ini juga terbukti dapat mencegah katarak, penglihatan buram dan rabun senja karena adanya kandungan flavanoids yang membangun kolagen dalam pembuluh darah mata dan melindungi penglihatan serta daerah sensitif di sekitar retina.

6. Bunga matahari

Biji bunga matahari atau biasa dikenal sebagai kuaci, merupakan sumber nutrisi baik, yaitu mengandung vitamin E yang juga dikenal sebagai gamma- tocopherol. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang banyak ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian, di mana kuaci merupakan salah satunya. Fungsi antioksidan yang banyak diketahui adalah untuk melawan kerusakan radikal bebas di dalam tubuh. Bunga matahari mengandung selenium, zinc, vitamin E untuk mencegah gangguan mata katarak, dan gangguan pada mata faktor penuaan. Vitamin B2 untuk mengatasi penyakit sensitivitas mata terhadap cahaya atau sering dikenal dengan istilah "photophobia" 

7. Bunga Canola

Taukah Anda bahwa ternyata bunga canola memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan mata, tanaman yang satu ini bisa ditemukan di berbagai negara di seluruh dunia. Tanaman ini termasuk ke dalam bagian keluarga Brassica seperti kembang kol, kubis dan brokoli. Tanaman yang satu ini tumbuh dengan menghasilkan wangi, bunga cantik berwarna kuning cerah. Minyak yang dihasilkan dari tanaman canola ini memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan karena mengandung sedikit lemak jenuh serta tidak ada trans-lemak atau kolesterol. Minyak canola kaya akan kandungan lemak monounsaturated yang mampu mengurangi resiko terkena penyakit koroner serta menjadi sumber asam lemak omega-6 yang kaya dan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan pada setiap individu. 

Bunga canola menjadi sumber vitamin E dan mineral yang sangat baik seperti seng membantu menjaga kesehatan Anda serta bisa mengurangi resiko katarak dan menjaga kesehatan mata Anda dan menurunkan resiko katarak serta degenerasi makula sejak dini. Salah satu penelitian mengungkapkan bahwa vitamin E bisa mengurangi dampak buruk degerasi makula terkait usia (AMD) pada orang - orang yang mengalami gejala penyakit mata. Khasiat ekstrak bunga canola tidak hanya bagus untuk kesehatan mata saja melainkan untuk menurunkan kadar kolesterol, menyehatkan kulit, melindungi membran sel, menurunkan resiko kanker, diabetes, stroke jantung dan menjaga serta meningkatkan stamina tubuh.

8. Jeruk bargemot

Jeruk bargemot mengandung antioksidan yang kuat yaitu flavonoif yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Antioksidan tersebut berperan aktif dalam membantu melindungi mata terhadap penyakit seperti katarak, degenerasi makula terkait usia dan beberapa jenis glaukoma. Flavonoid yang dikenal dengan gallocatechin berkumpul di retina dan bekerja melindungi retina terhadap sinar UV yang berbahaya.

9. Buah anggur

Kandungan yang terdapat dalam buah anggur kaya dengan antioksidan sehingga dapat melindungi sel sehat dari bahaya DNA turunan. Anggur juga dipercaya mengandung sejumlah senyawa yang baik untuk mata. Retina merupakan bagian dari mata yang terdiri dari sel-sel dan berfungsi merespons cahaya (photoreceptors). Penyakit penuaan di retina dapat mengakibatkan kebutaan. Abigail Hackam, seorang profesor dari Universitas Miami, Amerika Serikat yang meneliti temuan tersebut mengatakan dengan menambah konsumsi anggur untuk diet, sebenarnya baik untuk kesehatan mata karena dapat mencegah stres oksidatif. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrisi tersebut mengungkapkan bahwa buah anggur tidak hanya mencegah bahaya stres oksidatif, tetapi juga mempertahankan struktur retina. Stres oksidatif yang tinggi berhubungan erat dengan penyakit retina yang banyak dialami oleh setiap orang pada saat usia semakin lanjut. Dalam penelitian tersebut, para peneliti mengamati tikus yang diberi makan anggur kering atau bubuk anggur sebanyak tiga kali sehari seperti manusia. Diet yang harus dijalani dengan menjaga kadar gula atau standar penelitian untuk mengontrol diet pada umumnya. Hasil riset menunjukkan jika struktur mata dan fungsi dapat terjaga di kelompok tikus yang memakan anggur. Tikus di kelompok ini juga terjaga tingkat ketipisan retinanya, kuantitas photoreceptor, serta tingkat aktivitas photoreceptor yang dapat menimbulkan stres oksidatif.

10. Teh hijau

Teh hijau kini bukan sekadar minuman, terutama setelah berbagai penelitian menunjukkan manfaatnya untuk kesehatan. Yang terbaru adalah khasiat teh hijau untuk melindungi mata dari penyakit glaukoma dan gangguan mata lainnya. Berdasarkan analisis yang dibuat para peneliti diketahui, catechins, antioksidan utama dalam teh hijau, efektif menjaga kesehatan mata. Catechins mengandung vitamin C, E, lutein, dan zeaxanthin. Uji coba pada tikus di laboratorium menunjukkan antioksidan ini dapat diserap oleh lensa, retina, dan jaringan lain pada mata. Kemampuan catechins dalam mengurangi zat oksidatif yang menekan bisa bertahan hingga 20 jam. "Dapat disimpulkan konsumsi teh hijau bisa membantu mata melawan zat-zat oksidatif dan radikal bebas," kata Chi Pui Pang, ahli mata dari Chinese University of Hongkong dan Hongkong Eye Hospital. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Sayangnya, belum jelas benar bagaimana teh hijau bisa berkelana dari sistem pencernaan ke lapisan mata.


TIPS MELINDUNGI MATA 
Jagalah agar mata selalu sehat dengan: 
 "Menghindari paparan sinar matahari secara langsung. 
 "Gunakan pelindung seperti kacamata anti UV. payung, topi dll. langsung atau kemasukan benda asing. 
 "Palingkan mata selama 20 detik melihat objek dalam jarak 20 meter, setiap 20 menit setelah menatap layar komputer secara langsung. 
 "Jaga kebersihan tangan dan tidak menggosok mata

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel