-->

Tips mengamankan akun WhatsApp jika hp kamu hilang atau dicuri

Salah satu hal yang patut dikhawatirkan saat smartphone milikmu hilang atau dicuri adalah keberadaan berbagai akun pribadi di dalamnya. Bukan hanya akun media sosial, namun juga akun yang lebih esensial seperti whatsapp. Nggak mau 'kan berujung jadi orang yang dicatut namanya untuk melakukan penipuan via whatsapp?


Nah..! Jika hpmu hilang atau dicuri segera lakukan pencegahan supaya tidak disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya dibawah ini:

Blokir kartu SIM kamu Pertama 
langkah pengamanan yakni segera hubungi penyedia layanan seluler kamu untuk memblokir kartu SIM yang ada di smartphone kamu. Dengan blokir kartu SIM, memastikan orang lain tidak bisa menerima verifikasi akun WhatsApp. Sebab verifikasi akun ini memerlukan SMS atau panggilan.

Lapor lewat email support@whatsapp.com 
Nah, ini yang perlu kamu lakukan. Laporkan insiden ini ke WhatsApp melalui email. WhatsApp memberikan acuan dalam judul email tulislah: 'Hilang/dicuri: Mohon nonaktifkan akun saya' pada badan email ke alamat: support@whatsapp.com. Jangan lupa sertakan nomor telepon kamu dalam format internasional lengkap ya (+62). Mengapa perlu mengirim email, langkah memblokir kartu SIM saja tidak cukup. Sebab, meski kartu SIM terblokir dan layanan telepon dinonaktifkan, akun WhatsApp masih tetap digunakan dengan koneksi Wi-Fi. Makanya pemblokiran kartu SIM perlu disempurnakan dengan permohonan menonaktifkan akun WhatsApp kamu dengan mengirim email laporan tersebut.

Nonaktifkan akun WhatsApp
Jika akunmu di nonaktifkan oleh Whatsapp bukan berarti mati permanen WhatsApp mengatakan, saat akun dinonaktifkan tidak berarti akun kamu sepenuhnya terhapus. Kontak yang berada di akunmu tetap bisa melihat profilmu dan orang lain tetap bisa mengirim pesan kepada kamu dengan status pesan tertunda selama 30 hari. Kamu juga akan tetap berada di grup obrolan.

Perlu diingat! 
WhatsApp tak bisa cari lokasi ponselmu yang hilang Dalam kasus ponsel hilang atau dicuri, WhatsApp menegaskan tidak dapat membantu mencari lokasi telepon milikmu. Menonaktifan akun WhatsApp secara jarak jauh dari perangkat lain tidak mungkin dilakukan dengan alasan keamanan.

Selalu cek barang bawaan sebelum berangkat atau pun sesudah dari tempat kerja, karena kita tidak tahu kejahatan selalu mengintai dimana pun berada.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel