-->

Manfaatkan berkebun di rumah dengan menanam sayuran hijau seperti microgreen

Berkebun di rumah itu sangat menyenangkan dan banyak sekali manfaatnya terutama untuk mengisi waktu luang yang kita miliki supaya badan ini tetap sehat. Ternyata, berkebun bisa menghasilkan banyak manfaat loh! Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), dalam waktu satu jam merawat tanaman tubuh dapat membakar 330 kalori. Dalam hasil laporan meta-analisis 2017, menanam tanaman dapat berpengaruh pada peningkatan kualitas hidup seseorang.


Bagi sebagian orang mungkin berkebun itu sangat membosankan dan hanya membuang waktu. Tapi bagi yang suka dengan tanaman kegiatan ini sangat menyenangkan. Berikut beberapa manfaat berkebun di rumah:

Manfaat berkebun di rumah
kegiatan berkebun di rumah sering kali dianggap sebagai kegiatan membosankan yang biasa dilakukan para orang tua atau lansia. Menurut Laporan Pengobatan Preventif tahun 2017, kegiatan berkebun memberikan dampak positif untuk mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

MEMBAKAR KALORI 
Manfaat kegiatan berkebun di rumah dapat membakar kalori jika dilakukan selama kurang lebih 30 menit. Jadi, kalori yang terbakar dari aktivitas berkebun di rumah sama saja dengan berlari sejauh 3 km.

SOLUSI KRISIS LAHAN HIJAU 
Keberadaan lahan terbuka yang digunakan untuk berkebun di rumah, sekalipun tidak begitu iluas, dapat memberikan kontribusi terhadap penambahan ruang terbuka hijau sekaligus memenuhi kebutuhan area resapan di perkotaan.

MENDORONG AGAR TERUS BELAJAR 
Kegagalan demi kegagalan saat berkebun di rumah sebenarnya bagian dari proses pertumbuhan mental.

PRODUKSI BAHAN PANGAN 
Hasil dari berkebun di rumah dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari. Kita bisa menanam sayuran hijau seperti microgreen, caranya juga cukup mudah dan praktis tidak memakan banyak tempat

Manfaatkan lahan dengan menanam sayuran hijau microgreen di rumah
Manfaatkan lahan dengan menanam sayuran microgreen. Karena Microgreens adalah sayuran yang dipanen pada usia yang sangat belia, berkisar 7-14 hari setelah semai. Microgreens sendiri sebenarnya adalah tunas dari aneka tanaman sayur. Semua jenis bibit sayur yang berdaun bisa dikembangkan menjadi tanaman microgreens.

Kandungan gizi microgreen
Kandungan gizi microgreen dipercaya lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman sayur yang sudah berumur dewasa. Meskipun belum ada penelitian pasti tentang berapa besar nilai gizi Microgreens, tetapi dipercaya 200gr Microgreens 10 kali lebih tinggi gizinya dibandingkan 200gr tanaman biasa.

Nah.. bagaimana apakah sobat tertarik berkebun di rumah dengan memanfaatkan lahan yang ada.
Manfaatnya banyak dan juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


lihat juga: info menarik

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


lihat juga: webdonlot