-->

Kisah sukses pendiri dan juga CEO NET TV Wishnutama

Wishnutama Kusubandio merupakan pendiri dan juga CEO NET TV yang lahir di Jayapura, Papua pada tahun 1970. Saat ini Tama menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Jokowi - Ma'ruf Amin.

Bapak satu ini keren, dengan segudang prestasi berkarier yang bapak ini punya, dan akhirnya Bapak ini memutuskan untuk membuka usaha. Walaupun usahanya ternyata tidak seperti yang di bayangkan, tapi hal tersebut tidak membuat Pak Tama berhenti berjuang.


Memiliki Segudang Prestasi Dari kecil
Tama memang sudah banyak menimba ilmu ke banyak tempat. Mulai dari pendidikan dalam negeri, bahkan sampai ke luar negeri. Karena kemampuan dan pengalamannya, hal tersebutlah yang membuat Tama mendapat banyak penghargaan, seperti Panasonic Awards, The 500 Most Influential CEOS in The World tahun 2015 versi Richtopia.com dan The Best CEO in Indonesia 2010 versi majalah SWA. Keinginan Tama untuk membuat inovasi pertelevisian Indonesia, di mulai karena Tama merasa program TV Nasional tidaklah menarik.

Karir Naik Sangat Cepat 
di Indosiar Karena keinginan tersebut, akhirnya pada tahun 1994 Tama mengawali kariernya di industri TV sebagai on air promo supervisor di Indosiar. Selama 8 tahun berkarier, ternyata program acara yang di kelola oleh Tama seperti Gebyar BCA, Patroli, Satu Jam Bersama dan Saksi mendapat respon positif bahkan menjadi sangat populer.

Program Acara yang Dikelola Tama Menjadi Trending Topik 
Namun di tahun 2001, Tama pindah ke TransTV dan menjabat sebagai kepala divisi produksi dan fasilitas. Selama 11 tahun di TransTV, program yang dikelola Wishnu banyak digemari masyarakat dan menjadi tranding topik seperti On The Spot, Opera Van Java, Bukan Empat Mata, Extravaganza, Dunia Lain, Indonesia Mencari Bakat dan Termehek-Mehek.

Memutuskan Resign dan Membuka NET TV Meskipun telah lama bekerja di dunia pertelevisian dan menduduki jabatan penting, Tama tak mau terus berada di zona nyaman. Akhirnya pada Mei 2013, Tama bersama Agus Lasmono kemudian mengakuisisi Spacetoon TV dan membuat dan membangun sebuah perusahaan stasiun televisi yang bernama NET TV (News and Entertainment Television). Diawal mendirikan NET TV, tak sedikit program yang telah dibuat Wishnu gagal ditayangkan.


NET TV Menjadi TV Paling Bergengsi 
Namun ternyata, usaha Tama tidak sia-sia. Setelah 1 tahun, NET TV mulai mendapat respon positif dari banyak pihak. Terlihat dari mulai banyaknya penonton dan pengiklan yang mulai tumbuh perlahan. Salah satu programnya yang populer adalah Indonesia Bagus, Lentera Indonesia, Ini Talk Show, Sara Sechan, The Comment, dan Tetangga Masa Gitu. NET TV juga menggunakan teknologi HD yang membuat kualitas gambarnya jadi paling bagus dibanding stasiun TV lain.


NET TV Mulai Rugi 
Sayangnya, sejak tahun 2019 ternyata kinerja bisnis dan keuangan NET TV tidak seperti yang diharapkan. Pendapatan iklannya yang makin menurun, dan rating TV-nya yang masih kalah jauh dari stasiun TV lain. Dan pada bulan Oktober 2019, Wishnutama melepas jabatannya sebagai CEO di NET TV karena Tama terpilih oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada kabinet Indonesia Maju tahun 2019 hingga 2024.

3 Pelajaran yang bisa kita ambil dari seorang Wishnutama dalam berbisnis : 
1. Kamu harus benar-benar mengetahui siapa target market kamu.
2. Harus siap siaga terhadap pesaing yang bisa datang kapan saja.
3. Jangan hanya memperhatikan passion, tapi tidak adanya profit.

TIPS SUKSES WISHNUTAMA 
Ini loh yang bisa di tiru darinya Berani keluar dari zona nyaman la justru merasa khawatir terjebak dalam zona nyaman. Menurutnya, dalam keadaan nyaman seseorang akan sulit menjadi inovatif dan kreatif. Menikmati tiap proses Pada masa-masa struggling ide-ide kreatif dan inovasi bisa lahir. Karena itu, ia mengaku menikmati tiap proses yang harus dilalui hingga saat ini. Tawarkan sesuatu yang baru Gak jarang ide tentang sesuatu yang baru dipandang sebelah mata oleh banyak orang karena banyak kekurangan. Namun dengan perbaikan secara perlahan, ide tersebut bisa diwujudkan menjadi sesuatu yang besar Konsisten dan persisten Banyak kegagalan yang pernah ia hadapi. Namun, upaya yang ia lakukan jauh lebih banyak dari jumlah kegagalan yang ia buat. Selalu konsisten dan persisten sampai tujuan dapat terwujud.

Kesimpulannya, jika Kita mempunyai mimpi menjadi orang sukses jangan pernah berhenti berjuang dan jangan pernah takut akan kegagalan. Karena dengan kegagalan kita bisa belajar menjadi lebih baik lagi ke depannya..dan semoga apa yang kita cita-citakan cepat terwujud. Aamiin

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


lihat juga: info menarik

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


lihat juga: webdonlot