-->

buah dan Sayuran yang dapat membersihkan paru-paru dari racun rokok dan polusi

Dampak Rokok Bagi Keluarga Di Indonesia, sebanyak 85,4 % perokok berusia di atas 10 tahun merokok di rumah bersama anggota keluarga lainnya. Data lain menunjukkan 40,5 % populasi Indonesia terpapar asap di dalam rumah. Perokok Pasif Anak menghirup asap dan residu beracun rokok yang menempel di baju, kulit, sofa, gorden, bahkan mainan anak yang dihasilkan oleh perokok aktif di dalam rumah. Risiko Kesehatan Kanker, infeksi pernapasan, asma, emfisema, penyakit jantung, stroke, mata pedas, pusing, gigi keropos, infeksi telinga, sindrom kematian mendadak pada bayi.


Untuk menjaga paru-paru agar tetap sehat. Salah satu cara untuk membersihkan paru-paru kita adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan ternyata juga mempengaruhi kesehatan paru kita. Oleh karena itu, mulailah diet sehat sebagai awal yang baik untuk kesehatan. Mulai hari dengan segelas air lemon. Jika tubuh kita terhidrasi dengan baik, proses membersihkan paru pun menjadi lebih lancar. Dan agar paru-paru kita tetap sehat, seperti dilansir dari berbagai sumber berikut ini beberapa rekomendasi Makanan dan sayuran yang ternyata dapat menyembuhkan paru-paru yang dipenuhi racun akibat rokok & polusi:

1. Sayuran Bayam
Sayuran ini memang banyak mengandung zat yang dibutuhkan untuk tubuh. Bayam mengandung Flavonoid dan vitamin A yang bisa melindungi tubuh dari kanker paru-paru. Selain itu, kandungan zat besi pada bayam akan memperlancar distribusi oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

2. Bawang putih
Siapa sangka bila bawang putih dapat menjadi salah satu makanan penyembuh paru-paru. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa allicin yang ada di dalam bawang putih. Kandungan ini bertindak sebagai agen antibiotik yang kuat dan membantu mengatasi infeksi pernapasan yang menyumbat paru-paru. Allicin juga membantu mengurangi peradangan, asma, dan risiko kanker paru-paru. Berdasarkan penelitian di Jiangsu Provincial Centre for Disease Control and Prevention di China, dengan rajin mengonsumsi bawang putih minimal dua kali selama satu minggu dapat menurunkan resiko kanker paru hingga 44%. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan bawang putih ke dalam setiap masakan.

3. Buah Pisang
Kandungan Kalium pada buah pisang dipercaya ampuh membersihkan racun dan zat berbahaya dari dalam paru-paru. Maka tak ada jeleknya kita mencoba mengkonsumsinya.

4. Sayur Wortel
Wortel mengandung vitamin A, vitamin C dan antioksidan seperti lycopene, yang dapat meningkatkan kesehatan paru- paru dan mengurangi risiko penyakit paru-paru. Menurut para ilmuwan, makan wortel setiap hari dapat mengurangi risiko kanker paru hingga 50%.
sayur wortel juga mengandung nutrisi yang disebut beta- karoten dan alkin yang cukup tinggi. Senyawa ini akan melancarkan peredaran darah ke paru-paru.

5. Buah Delima
Delima Buah delima kaya akan antioksidan yang dapat membantu menghilangkan racun dan meningkatkan aliran darah ke paru- paru, rajin makan buah bewarna merah ini membantu paru- paru untuk mengurangi terkena kanker paru-paru.

6. Jahe
Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menghilangkan racun dari saluran pernapasan. Dalam satu jahe utuh, terkandung sejumlah vitamin dan mineral termasuk kalium, magnesium, beta- karoten dan seng. Tidak hanya bermanfaat untuk saluran pernafasan, ekstrak jahe tertentu juga dinyatakan bermanfaat untuk membunuh sel kanker paru-paru. Anda bisa menambahkan jahe ke dalam hidangan makanan atau teh. Kalian bisa membuat wedang jahe, wedang ronde atau sekoteng sebagai pengganti teh dan kopi. Lalu tambahkan jahe dalam beberapa makanan seperti sup, atau bubur kacang ijo. Selain nikmat, tentunya juga menyehatkan.

7. Kunyit
Kunyit dikenal juga sebagai 'Golden Spice', sebab sifat anti-inflamasi dalam kunyit dapat membantu membersihkan paru-paru. Kunyit bisa disajikan dalam bentuk jamu yang dicampur asam dan madu, atau menjadikan kunyit sebagai bumbu gulai atau masakan lainnya. Kunyit (Curcuma longa) adaah salah satu tanaman rempah- rempah dan obat asli Asia Tenggara. Orang Indonesia biasa memakai kunyit untuk bumbu masakan, jamu, ataupun obat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Kunyit memiliki kandungan yang sangat banyak, seperti kurkumin, desmetoksikumin sebanyak 10%, dan bisdesmetoksirkumin 1-5%. Kandungan lainnya minyak astiri, lemak 1-3%, karbohidrat 3%, protein 30%, pati 8%, vitamin C 45-55%, dan berbagai mineral, zat besi, fosfor, dan kalsium). Banyak obat farmasi yang bahan baku dasarnaya berasal dari kunyit. Kunyit memberikan warna kuning pada masakan. Selain itu manfaat kunyit untuk kesehatan juga banyak. Kunyit berkhasiat untuk melepasakan lebihan gas usus, menghentikan perdarahan, mengurangi gatal – gatal, Kunyit berkhasiat sebagai anti purulen, anti inflamasi untuk mengobati penyakit asma, batuk, maupun infeksi saluran pernafasan.

8. Buah apel
Buah Apel adalah salah satu makanan penyembuh paru-paru. Buah ini memiliki kandungan asam fenolik dan flavonoid yang dikenal bermanfaat untuk mengurangi peradangan paru-paru, fitur umum dari asma dan mengi. Selain itu vitamin C dalam buah apel juga terbukti mampu memerangi penyakit paru-paru secara efektif.

9. Teh hijau
Teh hijau mengandung antioksidan kuat yang berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung, melindungi terhadap berbagai kanker, dan menghilangkan cairan dari paru-paru. Kandungan ini terbukti membantu melonggarkan lendir dari lapisan paru-paru kita dan bersifat antimikroba. Teh hijau kaya akan zat anti oksidan yang baik untuk melepas racun dalam tubuh, termasuk nikotin. Tidak hanya itu, teh hijau juga membantu membersihkan anus dan menetralkan kadar kolesterol dengan meningkatkan kinerja hati. Minumlah secangkir teh hijau di malam hari, tepat sebelum Anda tidur. Sedikit demi sedikit, kadar racun dalam tubuh akan terbuang pada keesokan hari.

10. Ikan salmon
Ikan salmon terkenal memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Kandungan ini dapat meningkatkan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan di paru-paru dan melawan bakteri. Manfaat omega 3 untuk menjaga kesehatan paru Dalam kondisi rileks, paru-paru yang sehat bisa membantu Anda bernapas hingga 30 ribu kali setiap harinya. Namun pola hidup yang buruk, terutama kebiasaan merokok, dan berbagai kondisi lain dapat menyebabkan munculnya gangguan pada paru. Penyakit yang terkait dengan paru dan pernapasan seperti kanker paru, pneumonia, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) seperti bronkitis kronis dan emfisema, hingga asma dapat membatasi kemampuan paru-paru untuk menghirup udara. Akibatnya, organ dalam tubuh bisa tidak mendapatkan cukup aliran darah segar beroksigen sehingga tidak dapat berfungsi dengan optimal. Beberapa penyakit paru kronis diketahui dapat dipicu atau disebabkan oleh peradangan pada jaringan dan bagian paru tertentu. Misalnya, infeksi bakteri penyebab pneumonia yang menyebabkan peradangan pada pleura, selaput yang melapisi dinding rongga dada yang menjadi "rumah" bagi paru-paru Anda. Asma juga dapat terjadi karena adanya peradangan pada bronkus, sehingga mengakibatkan penyempitan jalur napas yang memicu gejala asma.

Berbagai penelitian melaporkan bahwa konsumsi makanan tinggi omega-3 dapat membantu menurunkan peradangan dalam paru sehingga mempercepat masa penyembuhan pneumonia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Mickleborough, et al. manfaat omega 3 dari makanan pada orang-orang yang memiliki asma dapat membantu mengurangi kekakuan pada bronkus akibat peradangan, terutama setelah berolahraga dan berakitivitas fisik yang melelahkan.

11. Minum Air Putih
Perlu anda tahu bahwa merokok akan mengakibatkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Mengkonsumsi air putih yang cukup dapat membuat paru-paru lebih lembab dan juga berfungsi dengan lebih baik. Selain itu, air juga akan membawa nikotin atau racun keluar dari dalam tubuh anda. Mungkin cara yang kelima ini yang paling mudah dan murah. itulah beberapa manfaat dari buah dan sayuran yang dapat membersihkan paru-paru dari racun rokok dan polusi.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel