-->

Fakta menarik tentang sejarah Papua Nugini atau Papua new Guinea

Teman teman traveler sudah tahu belum tentang sejarah Papua new Guinea atau biasa disebut dengan Papua Nugini, negara tetangga Indonesia yang berbatasan dengan Propinsi Papua Indonesia, mungkin ada yang tertarik berkunjung ke sana? Menurut Sejarah Papua new Guinea atau biasa di sebut dengan Papua Nugini adalah sebuah negara yang terletak di bagian timur Pulau Papua dan berbatasan darat dengan Provinsi Papua (Indonesia) di sebelah barat. Benua Australia di sebelah selatan dan negara-negara Oseania berbatasan di sebelah selatan, timur, dan utara. Ibu kotanya, dan salah satu kota terbesarnya, adalah Port Moresby.


dan pada Saat masa penjajahan, wilayah Papua dikuasai oleh Belanda dan juga Australia. Kemudian ketika Indonesia merdeka, Papua pun dinyatakan termasuk menjadi wilayah Indonesia. Berikut beberapa fakta unik dan menarik tentang Papua Nugini atau Papua new Guinea yang belum banyak diketahui:

1. Ada 7 juta penduduk yang tinggal di Papua Nugini, hanya sekitar 18% penduduk yang tinggal di perkotaan. Ibu kota Papua Nugini adalah Port Moresby dengan penduduk sekitar 254.000. Nama Port Moresby adalah nama yang diberikan oleh Kapten John Moresby pada tahun 1873.

2. Papua Nugini atau Papua New Guinea, Nama tersebut diberikan oleh Ortis de Rates, orang Spanyol yang mendarat dan memberikan nama New Guinea pada 1545. Karena penduduknya serupa dengan penduduk Guinea, Afrika. Sedangkan Papua diberikan oleh Jorge de Manases orang Portugal, ketika menemukan pantai Barat Provinsi Papua, Indonesia pada 1562. Papua artinya berambut keriting.

3. Papua Nugini adalah salah satu negara yang paling bhinneka di Bumi dan merupakan negara dengan bahasa terbanyak di dunia yaitu sekitar 840 bahasa. Kemudian Indonesia diurutan kedua dengan 710 bahasa.

4. Tahun 1828, belahan Barat Papua yaitu Provinsi Papua mulai dikuasai Belanda. Pada 1873, Kapten Moresby menyatakan belahan timur pulau tersebut dibawah kekuasan Inggris. Seiring berjalannya waktu pada 16 September 1975, Papua Nugini memperoleh kemerdekaan penuh dari Australia dan selanjutnya menjadi anggota Persemakmuran Inggris.

5. Gunung Wilhelm adalah gunung tertinggi di Papua Nugini dengan ketinggian 4509 meter diatas permukaan air laut. Gunung ini merupakan bagian dari Pegunungan Bismarck. Puncaknya juga dikenal dengan sebutan Enduwa Kombuglu dalam Bahasa Kuman. Gunung Wilhelm terletak di antara tiga provinsi yaitu Simbu, Jiwaka dan Madang.

6. Negara ini adalah salah satu negara yang paling sedikit dijelajahi, secara budaya maupun geografis, dan banyak jenis tumbuhan dan binatang yang belum ditemukan diduga ada di pedalaman Papua Nugini.

apakah kalian tertarik berkunjung ke sana? Siapkan fisik dan mental jika kalian tertarik traveling ke Papua Nugini karena masih banyak tempat yang belum terjamah disana.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel