-->

5 pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa

Di era yang serba digital ini kamu tidak harus mengerjakan suatu proyek atau job desk yang kamu dapat dari kantor. Kamu bisa menjadi seorang freelancer dengan memanfaatkan banyak situs online yang mempertemukan antara klien dan freelancer. Dengan menjadi seorang freelancer saat masih kuliah kamu juga sedang membangun networking, kredibilitas dan portofolio.


Hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat mahal dan berharga yang berguna untuk menunjang karir kamu kedepan.
Berikut 5 pekerjaan online yang bisa kamu lakukan meskipun kamu masih mahasiswa.

1. Jurnalistik
Mendaftar sebagai penulis lepas pas banget buat kamu yang hobi menulis atau yang sedang kuliah di jurusan Bahasa atau Jurnalistik Tentu dalam menekuni freelance ini kamu harus memiliki kemampuan dalam menulis. Dunia tulis menulis ini memiliki market yang sangat besar.

2. Fotografer
Jangan biarkan kameramu menganggur. Kamu bisa manfaatkan untuk jadi fotografer freelance lo
• Peluangnya sangat besar. Kamu bisa memotret acara pernikahan, pranikah, buku tahunan sekolah dan momen lainya.
• Kamu juga bisa upload foto ke berbagai website microstock seperti Gettyimages, Sutterstock dan website sejenis lainnya. Setiap foto yang diunduh atau dibeli oleh seseorang akan mengalirkan komisi untukmu.

3. Penterjemah bahasa
Manfaatkan kemampuan bahasa asingmu dengan menjadi penerjemah.
di Indonesia seperti penerjemah lisan dan penerjemah tulisan sesuai dengan tahun pengalaman kerja, tingkat pendidikan, jam kerja dan tunjangan yang diterima. Data diambil dari hasil survei gaji di Gajimu

4. Design grafis
Berbagai lini usaha saat ini sangat membutuhkan desainer grafis. Tertarik mencoba? Dari UKM (Usaha Kecil Menengah), perusahaan besar, bahkan sampai orang pribadi sekalipun membutuhkan sebuah desain untuk berbagai keperluan. Dari desain banner, header sosial media, hingga packaging bisa menjadi salah satu contoh peluang yang bisa kamu kerjakan.

5. Guru les
Nggak melulu bertatap muka, saat ini menjadi guru les bisa dilakukan lewat berbagai platform digital Seperti Ruang Guru, Udemy, Skillshare dan lainnya yang bisa kamu jadikan platform mengajar.

Itu beberapa pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan secara online. Kalau kamu berminat nomor yang berapa? karena Masih banyak sih yang lainnya, mungkin artikel ini menjadi semacam pembuka jalan untuk kalian mencari pekerjaan sampingan lainnya yang cocok dengan passion kalian Semoga Bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


lihat juga: info menarik

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


lihat juga: webdonlot