-->

12 Fakta unik tentang negara Jepang negeri matahari terbit

Fakta unik dan menarik tentang negara Jepang yang akan teknologinya tapi dibalik itu semua ternyata jepang menyimpan sejarah yang panjang dan menarik untuk di telusuri, dahulu ibukota Jepang bukanlah Tokyo seperti yang sekarang kita kenal tapi dahulu ibukota Jepang adalah Kyoto dan telah menjadi pusat kebudayaan tadisional Jepang selama seribu tahun lebih. Kyoto terletak di bagian Barat dari pusat Honshu, di bagian lembah Sungai Kamo yang indah, dikelilingi oleh pegunungan yang akan sangat cantik dilihat pada musim semi.


Tidak heran jika Kyoto menjadi salah satu kota di dunia yang memesona dan juga paling bersejarah. Kyoto merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi, terutama bagi wisatawan yang ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah Jepang. Ada banyak fakta unik yang kita bisa temui di Kyoto Jepang, apa saja fakta unik tersebut yang membuat anda jadi ingin mengunjungi Kyoto.

Bagi wisatawan domestik maupun asing, Kyoto merupakan tempat yang menyenangkan dan mempesona pemandangannya. Tetapi bagaimana caranya agar anda Anda bisa mencapai Kyoto dengan mudah dari Bandara internasional Osaka. Anda juga bisa menggunakan kereta super cepat dari Tokyo dan menghabiskan tiga jam di jalan.

Ada suatu kompleks perkotaan yang besar di Kyoto, disebut sebagai daerah Kinki, yang termasuk Osaka dan Kobe.

Kyoto melestarikan sebagian besar pesona sejarah dan keindahannya melalui pelestarian kuil, taman, dan juga ciri khas rumah kayu dengan atap keramik abu-abu.

Nah lebih uniknya lagi jika musim panas tiba di Jepang orang lebih suka mengenakan yukata dari pada pakaian biasa. Karena Orang yang mengenakan yukata biasanya membawa kipas lipat untuk mengusir udara panas. Yukata adalah kimono ringan, berbahan katun, tanpa lapisan. Pada dasarnya yukata berwarna putih dengan corak gambar bunga- bunga berwarna biru. Ada yukata untuk wanita, dan ada pula yang untuk pria.

Mengenakan yukata memerlukan ketrampilan tersendiri, berbeda dengan cara mengenakan pakaian barat sehari-hari, walaupun tidak serumit cara mengenakan kimono sutera. Biasanya yukata lebih panjang daripada tinggi badan pemakai, sehingga harus dilipat di bagian pinggang dan kemudian ditutupi dengan obi (mirip stagen untuk sarung batik) yang dipakai untuk melilit pinggang, dan membentuk simpul seperti pita besar di punggung.

Pemakai yukata tidak boleh mengenakan sepatu, karena alas kaki yang dikenakan adalah geta (sandal kayu), tanpa kaos kaki. Untuk mengatasi berbagai kerepotan ini, kini sudah ada obi praktis yang mudah dikenakan. Pada tahun-tahun belakangan ini, disukai yukata dengan warna-warna pastel yang bercorak kecil mungil, namun sejak tahun yang lalu yang menonjol justru yukata berwarna putih hitam, atau putih biru, dengan corak gambar besar seperti bunga, kembang api, ikan mas, dsb . Corak bunganya pun bervariasi, termasuk corak bunga-bunga Eropa.

Fakta unik dan menarik tentang negara Jepang?
Pasti yang terbersit adalah Anime atau Bunga Sakura. Selain itu yang terkenal dari Jepang adalah teknologinya yang sangat modern dan canggih. Tapi tahukah kamu, bahwa masih banyak fakta menarik dari negeri matahari terbit iini Seperti beberapa fakta berikut yang akan membuatmu tercengang. Ngomongin soal negara Jepang nggak ada habisnya yang pasti banyak fakta menarik tentang jepang:

1. Jepang adalah negara kepulauan, jumlah pulaunya mencapai 6.852 pulau.

2. Dalam bahasa Jepang, Jepang disebut dengan sebutan Nippon atau Nihon, yang berarti negeri matahari terbit.

3. Jepang memiliki produk ekspor yang unggul, yang terdiri dari alat transportasi, kendaraan bermotor, dan alat-alat elektronik.

4. Di Jepang, angka 4 dan 9 sangat tidak disukai. Kebanyakan hotel dan apartemen tidak menggunakan nomor kamar 4 dan 9.

6. Hampir semua rumah di Jepang memiliki bak berendam atau buthub. Yang menarik disini adalah air rendaman tidak diganti dan digunakan oleh semua anggota keluarga yang urutannya mulai dari yang tertua hingga yang paling muda.

7. Saat makan, jika kita mengeluarkan bunyi adalah salah satu hal yang nggak sopan. Tapi di Jepang, masyarakatnya selalu mengeluarkan bunyi 'sluruupp' saat makan mie atau sup. Hal ini dianggap memuji orang yang membuat masakan.

8. Kalau di Indonesia vending machine biasanya berisi air minum. Tapi di Jepang, kamu akan menemukan 5,56 vending machine yang tersebar di kotanya. Ada berbagai hal yang dijual dengan mesin ini mulai dari makanan sampai tisu toilet dan juga kondom.

9. Dibalik indahnya Jepang, negeri ini juga terkenal dengan peristiwa bencana gempanya yang sering terjadi. Bahkan dalam setahun, Jepang bisa mengalami gempa bumi sebanyak 1.500 kali. WOW!

10. Di Jepang, mengkonsumsi daging kuda dianggap lebih sehat dibandingkan dengan babi atau sapi. Itu karena kandungan pada daging yang disebut 'basashi' sama orang Jepang ini hampir nggak terkontaminasi bakteri E. coli.

11. Ternyata banyak jalan di Jepang yang tidak memiliki nama, tapi nama jalan diganti dengan blok.

12. Walaupun terkenal dengan teknologi yang maju dan canggih, tapi angka orang bunuh dirinya sangat tinggi. Lebih dari 30 ribu warga Jepang memutuskan untuk bunuh diri. Ini dikarenakan banyak orang yang depresi. Iih..serem bangetz ya

Tapi walaupun begitu negara Jepang ternyata surganya belanja loh..!!
Untuk Anda yang sangat suka belanja saat liburan, Tokyo adalah tempat yang sangat cocok untuk Anda! Mulai dari Shibuya yang berisikan butik- butik baju modern, lalu Nihonbashi yang merupakan tempat belanja yang berumur cukup tua yang menjual kimono dan barang tradisional Jepang lainnya. Jika Anda ingin berselfie ria sambil berbelanja, daerah Roppongi adalah area yang cocok untuk Anda karena tempat ini dilengkapi dengan design modern art yang sangat menarik! Nah apakah ada yang mau liburan ke negara Jepang?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel