-->

11 Kumpulan do'a mustajab untuk mengatasi berbagai masalah

Perbanyak doa, perbanyak istighfar dan bertaubat kepada Rabb dan muhasabah diri jangan sekali-kali sombong dan angkuh diatas muka bumi, jangan sekali-kali mendustakan syariat yang dibawa nabi shalallahu alaihi wasallam. Meskipun belum mampu mengamalkanya, meskipun belum masuk di logika, meskipun bertentangan dengan hawa nafsu, Tundukkanlah diri dan jangan sekali- kali mendustakan syariat.


Allah Ta'ala berfirman : "Dan Kami tidak mengutus seorang nabi pun kepada sesuatu negeri, (lalu penduduknya mendustakan nabi itu), melainkan Kami timpakan kepada penduduknya kesempitan dan penderitaan agar mereka (tunduk dengan) merendahkan diri." (Qs. Al-Araf 94) Hendaknya kita bertaubat dn merendahkan diri kepada Allah, sungguh Dialah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Sayyidina Anas bin malik berkata : Ketahuilah, siapa yang berwudhu, lalu melaksanakan shalat 4 rakaat dan berdoa dengan doa ini sebanyak 3 kali, maka ALLAH SWT akan mengabulkannya, apakah ia berada dalam kesulitan atau tidak. Berikut ini kumpulan beberapa doa:

1. Doa Ketika Menengok Orang Sakit

اَسْأَلُ اللهَ الْعَظِيْمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ اَنْ يُعَافِيَكَ وَيُشْفِيَكَ

As-Alulloohal 'Adziima Robbal'Arsyil 'Adziimi Ayyu'Aafiyaka Wa Yusyfiyaka

Artinya:
Aku memohon kepada Allah yanag Maha Agung Tuhan Arsy yang agung semoga memberi kesejahteraan kepada engkau dan menyembuhkan engkau (orang yang sakit).

Adapun untuk bacaan doa ketika menengok orang yang sedang sakit panas adalah sebagai berikut :

بِسْمِ اللهِ الْكَبِيْرِ نَعُوْذُ بِاللهِ الْعَظِيْمِ مِنْ شَرّعِرْقٍ نَعَّارٍوَمِنْ شَرّ حَرّالنَّارِ

Bismillaahil Kabiiri Na'Uudzu Billaahil 'Adziimi Minsyarri 'Irqin Na'Aarin Wa Min Syarri Harrin Naari

Artinya:
Dengan nama Allah yang Maha Agung, kami berlindung kepada Allah yang Maha luhur dari kejahatan urat yang berdarah dan dari kejahatan panasnya api neraka.

2. Doa Untuk Orang Sakit
Sebagaimana sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, bahwasanya :

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya. Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa :

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِهُ وأَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba'Sa Wasy Fihu. Wa Antas Syaafi, Laa Syifaa-A Illa Syifaauka, Syifaa-An Laa Yughaadiru Saqomaa

Artinya:
“Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain” (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat lain, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Muslim, bahwasanya :

Dari Abu ‘Abdillah ‘Utsman bin Abil ‘Ash radhiyallahu ‘anhu, dia mengadukan kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang rasa sakit yang ada pada dirinya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya: “Letakkanlah tanganmu di atas tempat yang sakit dari tubuhmu, lalu bacalah sebanyak tiga kali

بِسْمِ اللهِ

Bismillah

Artinya:
Dengan menyebut nama Allah
kemudian bacalah sebanyak tujuh kali:

أَعُوذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A'Uudzu Bi 'Izzatillahi Wa Qudratihi Min Syarri Maa Ajidu Wa Uhaadziru

Artinya: 
“Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan” (HR. Muslim)

3. Doa Ketika Salah Satu Anggota Tubuh Menderita Sakit

بِسْمِ اللهِ اَعُوْذُبِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّمَآ اَجِدُ وَاُحَاذِرُ

Bismillaahi A'Udzubillaahi Wa Qudrotihi Min Syarri Maa Ajidu Wa-Uhaadziru

Artinya :
Dengan nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kudratNya dari kejahatan penyakit yang aku derita dan aku takuti.

4. Doa Minum Obat Agar Cepat Sembuh dari Penyakit

بِسْمِ اللهِ الشَّافِىْ بِسْمِ اللهِ الْكَافِىْ بِسْمِ اللهِ الْمُعَافِىْ بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّمَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِى اْلاَرْضِ وَلاَفِى السَّمَآءِ وَهُوَالسَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Bismillaahisy Syaafii Bismillahil Kaafii Bismillaahil Mu'Aafii Bismillaahil Ladzii Laa Yadlurru Ma'Asmihi Syai-Un Fil Ardli Walaa Fis Samaa-I Wa Huwas Samii'Ul 'Aliimu

Artinya :
Dengan nama Allah Tuhan yang menyembhkan, dengan nama Allah tuhan yang menurunkan kesehatan, dengan nama Allah yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang berbahaya, baik dibumi maupun di langit dan Dia adalah Tuhan Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

5. Doa Orang Sakit yang Tidak Kunjung (Bisa) Sembuh
Lafadz Doa Orang Sakit yang Tidak Bisa Sembuh

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِـــي وَأَلْحِقْنِي بِالرَّفِيْقِ اْلأَعْلَى

Artinya :
“Ya Allah, ampunilah dosaku, berilah rahmat kepadaku dan pertemukan aku dengan teman yang tinggi derajatnya (para nabi dan orang shaleh)". (HR. Bukhari dan Muslim)

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ، لاَ إِلَهَ إلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ باِللهِ

Artinya :
“Tiada Tuhan yang berhak selain Allah, Allah Maha Besar. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah yang Maha Esa, tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya pujian. Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, tidak ada daya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah“. (HR. Shahih Tirmidzi dan Shahih Ibnu Majah)

Rasulullah SAW saat akhir hayatnya memasukkan kedua tangannya ke dalam air, lalu mengusapkan ke wajahnya seraya berkata:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ إِنَّ لِلْمَوْتِ لَسَكَرَاتٍ

Artinya :
"Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, sesungguhnya setiap kematian ada sekaratnya". (HR. Bukhari)

6. Doa ketika Susah Tidur (Insomnia)

اَللهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنُوْمٌ، يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ

Allahumma Gharatin Nujum Wa Hadaatil ‘Uyun, Wa Anta Hayyun Qayyum, La Takkhuzuka Sinatun Wala Naumun. Ya Hayyu Ya Qayyum, Ahdi’ Laili Wa Anim ‘Aini

Artinya :
Ya Allah, bintang-bintang telah redup, mata-mata telah memejam dan Engkau Maha Hidup lagi Maha Terus-menerus mengurus makhluk. Tidak menimpa-Mu rasa kantuk dan tidur. Wahai Dzat Yang Maha Hidup dan Maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku

Itulah Lafadz Doa Ketika Susah Tidur (Doa Insomnia), sebagaimana Hadits Riwayat Ibnu Sunni. Adapun untuk hadits selengkapnya adalah sebagai berikut.

روينا فى كتاب ابن السني عن زيد بن ثابت رضي الله عنه قال: شكوت إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم أرقا أصانبي، فقال: قل: اَللهُمَّ غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَاتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمُ لاَتَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلاَنُوْمٌ، يَاحَيُّ يَاقَيُّوْمُ أَهْدِىءْ لَيْلِى وَأَنِمْ عَيْنِيْ، فقلتها، فأذهب الله عزّوجلّ عني ماكنت أجد

Sahabat Nabi lainnya yang mengalami insomnia atau susah tidur yaitu Khalid bin Walid. Diriwayatkan oleh Muhammad bin Yahya bin Haban, Khalid yang mengadukan keadaan yang dialaminya, Rasulullah menganjurkan membacakan :

اعوذ بكلماتالله التامات من غضبه ومن شرعباده ومن همزات الشياطين وان يحضرون

A'Uudzu Bikalimaatillahit Taammaati Min Ghodlobihi Wa Min Syarri 'Ibaadihi Wa Min Hamazaatisy Syayaatiina Wa Ayyahdluruun

Artinya :
Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari keburukan hamba-hamba-Nya, serta dari berbagai godaan syetan dan kehadirannya.

7. BERLINDUNG DARI PENYAKIT ATAU BAHAYA APAPUN YANG MENGANCAM

بسم الله الذي لا ي مع اشيه شيء في الأرض ولا في السماء وهو السميع العليم 

BISMILLAHILLADZII LAA YADHURRU MA'ASMIHI SYAI'UN FIL ALRDLI WALAA FIS SAMAA WAHUWAS SAMII'UL ' ALIIM 

Artinya:
Dengan menyebut nama Allah yang tidaklah sesuatu yang ada di bumi dan di langit akan celaka dengan nama - Nya , dan Dia Maha mendengar lagi Maha mengetahui . " ( HR . Ibnu Majah 3869 , Versi Makatabatu al ma'arif riyadh )

8. DOA MEMOHON KEKUATAN UNTUK DAPAT BERSABAR

ربنا أفرغ علينا صبرا وتينا ملييين 

RABBANAA AFRIGH ' ALAINAA SHOBRON WA TAWAFFANAA MUSLIMIIN 

Artinya:
Ya Rabb kami , limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri ( kepada - Mu )
 ( Os . Al - A'raf 126 )

9. DOA KETIKA MENGHADAPI KESUSAHAN

 لا إله إلا أنت سبحانك من الظالمين إني كنت

LAA ILAAHA ILLAA ANTA , SUBHAANAKA INNII KUNTU MINAZH - ZHOOLIMIIN

Artinya:
Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau . Maha suci Engkau , sesungguhnya aku adalah termasuk orang - orang yang zalim . " ( Qs . al - Anbiya ' : 87 )

10. DOA AGAR TIDAK MENJADI SASARAN FITNAH ORANG ORANG ZALIM

 ربنا لا تجعلنا فتنة القوم الظالمين وجنا برميك من القوم الكافرين

 ROBBANAA LAA TAJ'ALNAA FITNATAL LIL - QOUMIZH - ZHOOLIMIIN WA NAJJINAA BIROHMATIKA MINAL - QOUMIL - KAAFIRIIN 

Artinya:
Ya Rabb kami , janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim . Dan selamatkanlah kami dengan rahmat Engkau dari ( tipu daya ) orang - orang yang kafir . " ( Qs . Yunus : 85-86 )

11. DOA MEMOHON AMPUNAN DAN KASIH SAYANG ALLAH

 تا آتنا فاغفر لنا وانا وانت خير الراحمين

 ROBBANAA AAMANNAA FAGHFIR LANAA WARHAMNAA WA ANTA KHOIRUR - ROOHIMIIN 

Artinya:
Ya Rabb kami , kami telah beriman , maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah pemberi rahmat yang paling baik . " ( Qs . Al - Mu'minun : 109 )



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


lihat juga: info menarik

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


lihat juga: webdonlot