-->

Pengeluaran siluman yang tidak pernah anda disadari

Pernah tidak menjelang akhir bulan tiba, Anda kebingungan karena rasanya sudah tak ada lagi uang yang bisa diandalkan? Padahal, Anda termasuk orang yang selalu membuat perencanaan keuangan tiap bulan, Iho.. Kok, bisa sampai nggak cukup, ya? Bila Anda sering mengalami ini, mungkin ada pengeluaran 'siluman' yang sering tidak Anda sadari menggerogoti budget bulanan Anda. Artinya, ada anggaran Anda yang salah dengan perencanaan.


Mengutip dari situs finansial The Balance, saat membuat perencanaan keuangan, setiap orang pasti mengingat pos untuk belanja bulanan, bahan makanan, membayar tagihan dan cicilan, asuransi, dan lain sebagainya, akan tetapi banyak yang lupa memasukkan item-item pengeluaran berikut. Nah, item yang tidak masuk ke dalam perencanaan keuangan ini ternyata cukup memakan uang Anda, Iho. Apa sajakah pengeluaran 'siluman' yang sering tak Anda sadari dan tak ada di perencanaan keuangan Anda tersebut?

1. MAKAN DI LUAR
Anda pasti memasukkan daftar belanja makanan ke dalam perencanaan anggaran. Akan tetapi, ini tentu berbeda dengan anggaran makan di luar. Harus diingat bahwa Anda tak selalu makan di rumah, bukan? Kadang-kadang, sudah masak, sih, tapi masih ingin jajan di luar. Nah, kalau mau dihitung-hitung, berapa kali keluarga Anda makan di luar? Memasukkan frekuensi makan di luar serta budget sekali makan di luar, ke dalam perencanaan anggaran akan membuat Anda lebih bisa mengontrol uang Anda. Selain itu, ini juga menjaga agar Anda tidak out of budget.

2. PENGELUARAN MOOD BOOSTER
Apa yang Anda lakukan saat suasana hati sedang buruk? Pergi ke salon? Nongkrong di coffee shop? Membeli donat? Atau mengemudi sendirian keliling kota-dan menghabiskan bensin? Semua orang memiliki sesuatu yang biasa dilakukan sebagai mood booster-nya. Dan, ini bisa saja membuat mereka mengeluarkan uang. Anda umumnya tidak akan mencatat pengeluaran ini karena tidak begitu memerhatikannya. Tapi, bila pengeluaran ini sering terjadi, maka lama- lama akan membesar.

3. TAGIHAN TAHUNAN
Anda pasti memasukkan tagihan bulanan ke dalam anggaran bulanan Anda. Akan tetapi, banyak dari kita yang terlewat untuk memasukkan tagihan tahunan seperti pajak kendaraan, PBB, dan lain sebagainya. Sehingga, saat Anda harus membayarkannya, Anda akan merasa sangat kewalahan. Nah, cara yang baik untuk melaku- kannya adalah bagi jumlah tagihan tahunan Anda ke dalam 12 bulan. Dan, sisihkan jumlah tersebut dari keseluruhan uang Anda setiap bulannya.

 4. BIAYA SOSIALISASI
Nah, ini dia, ada kalanya Anda pergi menonton, karaoke, atau mendapat ajakan nongkrong dengan teman. Nah, bagaimana membayar semua pengeluaran itu? Tentu saja pakai dana yang tidak Anda anggarkan sebelumnya? Maka, mulai anggarkan biaya sosialisasi ini agar tidak over ya.

5. KEADAAN DARURAT
Semua orang pasti tak berharap ada masalah yang menimpanya. Akan tetapi, kondisi darurat bisa saja terjadi, seperti mobil Anda mogok dan harus mengganti spare part, si kecil sakit dan harus rawat inap, pompa air di rumah rusak, rumah mengalami kebocoran, dan banyak hal lain. Pengeluaran ini akan menjadi sulit terbayar bila Anda tak punya dana cadangan yang memang dapat dialokasikan untuk kondisi darurat seperti ini. Oleh karenanya, buat anggaran darurat setiap bulannya, ya.

6. HADIAH
Anda mungkin menyepelekan ini karena menurut Anda ini bukan pengeluaran rutin. Akan tetapi, coba pikirkan, harusnya ini menjadi pengeluaran rutin karena bukankah setiap tahun di bulan dan tanggal yang sama, anak, suami, orang tua, mertua, kakak, adik, ipar, atau sepupu Anda berulang tahun? Pengeluaran ini akan terus ada.

Maka akan lebih bijak bila Anda menganggarkannya. Sisihkan uang bulanan untuk memberi hadiah pada teman atau kerabat yang berulang tahun di bulan itu. Bila tak ada, Anda bisa mengalokasikannya ke hadiah pernikahan, teman yang baru melahirkan, atau teman yang resign dari kantor. Dengan demikian, Anda tak akan lagi keberatan membeli kado.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel