-->

Resep cara membuat sekoteng sendiri dirumah

Resep cara membuat wedang Sekoteng
Sekoteng ini merupakan minuman asli dari Jawa Tengah dengan rasa jahe yang khas dan umumnya dihidangkan dalam kondisi masih panas. Untuk bahan lain yang umumnya dicampurkan ke dalam sekoteng seperti, kacang tanah, kacang hijau, potongan roti, dan pacar cina. tapi sekarang sudah jarang ditemui penjual sekoteng karena tergerus oleh jaman yang membuat jajanan ini sudah sangat langka dan mungkin susah sekali untuk menemukannya


Umumnya, sekoteng ini dihidangkan pada malam hari. Selain itu, biasanya sekoteng dijual keliling dengan cara menggunakan gerobak pikul. Satu sisinya untuk tempat panci air jahe beserta dengan kompornya dan satu sisi yang lain adalah tempat untuk bahan campuran serta tempat untuk mempersiapkan wedang sekoteng ini. Minuman ini juga cocok untuk dinikmati sambil membaca buku. Sekoteng ini memiliki cita rasa yang hangat dan berasal dari rebusan gula merah dan juga jahe. Namun ternyata sekoteng ini sebenarnya merupakan hindangan tradisi Cina.

Minuman bahagia di saat badan gremet gremet dan hujan setiap hari. Sayaaa sukaaa banget sama sekoteng tapi kenapaaa susah banget nemuin, akhirnya memutuskan untuk membuat sendiri di rumah biar bahagia..hahaha..
Pertama siapkan bahan-bahannya seperti:

bahan:
2 ruas jahe (geprek)
100gr gula merah
50 gr gula pasir
500 ml air
Sagu mutiara
Pacar cina (seusai selera)
Kolang Kaling (seusai selera)
Roti tawar (potong dadu kecil dan masukkan ke dalam kulkas agar mengeras)
2 daun pandan
1 batang sereh (geprek)
Kacang (seusai selera) 
Susu kental manis (seusai selera)

Cara membuat:
1. Masak air di dalam panci, ketika mendidih masukkan jahe, gula merah, gula pasir, sereh dan daun pandan.
2. Setelah merata masukkan sagu mutiara/ pacar cina dan kolang-kaling. Penggunaan ini boleh bersamaan dengan air jahe atau terpisah ketika hendak disajikan.
3. Cicip air jahe untuk menilai rasa, jika sudah pas hidangkan bersama susu, kacang dan roti tawar atau roti yang sudah mengeras..

Meskipun sebenarnya sekoteng ini sangat aman untuk dikonsumsi, namun dikarenakan minuman ini bahan utamanya adalah jahe, ternyata meskipun sedikit, jahe tetap ada efek samping ringan yang bisa ditimbulkannya. semoga bermanfaat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel