-->

Amalkan 2 doa ini ketika sedang dalam keadaan sempit

Amalkan 2 Doa ini ketika sedang dalam keadaan sempit
Doa 2 nabi yaitu nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam dan nabi Musa alaihi sallam, di amalkan apabila dalam keadaan sempit dan sangat terdesak.
Dari Abdullah (bin mas'uud) Radhiallahu anhu


Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam kedatangan tamu . Lalu beliau mengutus seseorang ke istri beliau barangkali ada yang memiliki makanan . Ternyata tidak seorang pun dari istri beliau yang memiliki makanan . Beliau berdoa :

ALLAAHUMMA INNIL AS - ALUKA MIN FADHLIKA WA RAHMATIKA , FA INNAHU LAAYAMLIKUHAA ILLAA ANTA

( Ya Allah , aku memohon kepada - Mu sebagian karunia dan rahmat - Mu , Sesungguhnya tidak ada yang memilikinya melainkan Engkau ) " . ( Maka tidak lama kemudian ) , ada orang yang menghadiahi beliau daging kambing bakar . Beliau bersabda :

Ini adalah sebagian karunia Allah sementara kami menunggu rahmat - Nya " [ Diriwayatkan oleh Ath Thabarniy dalam Al - Kabiir , Ibnu Abi Syaibah , Abu Nu ' aim dalam Hilyatul - Auliyaa ' , dan Al - Baihaqiy dalam Dalaailun - Nubuwwah ] . Asy - Syaikh Al - Albaaniy menyatakan keshahihan hadits ini dalam Silsilah Ash Shahiihah no . 1543 .

Begitu juga Nabiyullah Musa ' alaihis salaam , sebagaimana dalam firman Allah ta ' ala :

 وَلَمّا وَرَدَ مَاء مَدْيَنَ وَجَدَ عَلَيْهِ أمَةً مِنَ النَّاس يَسقُونَ وَوَجَدَ مِن دُونِهمُ امْرَأتَيْن تَدُودان قالَ مَا خظبكُمَا قَالَتَا لا تَسقِي حَتَّى يُضدِرَ الرّعَاء وَأبُونَا شيخ كبير * فَسَقَى لَهُمَا تُمَ تُوَلّى إلى الطلّ فَقَالَ رَبّ إنّي لِمَا أنْزَلْت إلي من خيرِ فَقِير

Dan tatkala ia sampai di sumber air negeri Mad - yania menjumpai di sana sekumpulan orang yang sedang meminumkan ( ternaknya ) , dan ia menjumpai di belakang orang banyak itu , dua orang Wanita yang sedang menghambat ( ternaknya ) . Musa berkata : " Apakah maksudmu dengan berbuat begitu ) ? " Kedua Wanita itu menjawab : " Kami tidak dapat meminumkan ( ternak kami ) , sebelum pengembala - pengembala itu memulangkan ( ternaknya ) , sedang bapak kami adalah orang tua yang telah lanjut umumnya " . Maka Musa memberi minum ternak itu untuk ( menolong ) keduanya , kemudian dia kembali ke tempat yang teduh lalu berdoa :

صَافَ النّبئ فَأَرْسَلَ إلى أزواجهِ يَبْتَهِي عنده طقامًا ، فَلَمْ يَجذ عندَ وَاحِدَةٍ مِنْهُ ، فَقَالَ : " اللَّهُمَّ إني أسألك مِن فَضلِك وَرَحْمَتِك ، فَإنّه لا يَمْلِكُهَا إلا أنت " ، فَأهدِيث إِلَيْهِ شَاةً مُضليّة ، فَقَالَ : " هَذِهِ مِن فَضل اللهِ ، وَتَخ تَنْتَظرُ الرّخم

RABBI INNIL LIMAA ANZALTA ILAYYA MIN KHAIRIN FAQIIR ( Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku ) " [ QS . Al - Qashshash : 23 - 24 ] .

Ibnu ' Abbaas radliyallaahu anhu mengatakan bahwa doa tersebut diucapkan Musa ' alaihis - salama ketika ia ditimpa rasa lapar membutuhkan makanan ( kurma ) , sampai sampai perut dan punggungnya terasa berdekatan ( karena sangat laparnya ) . Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah . Dan diceritakan , akhirnya Musa diundang ke rumah orang tua dua orang wanita yang ditolongnya . Itulah akhlak para Nabi . Mereka hanya bergantung kepada Allah ta ' ala atas kesempitan yang mereka alami , dan Allah satu - satunya tuhan yang semua makhluk - Nya bersandar kepada-Nya . [ Sumber : Fb Dony Arif Wibowo ]

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


lihat juga: info menarik

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


lihat juga: webdonlot