-->

waktu yang terbaik untuk kinerja otak agar semakin tokcer

Secara normal, sama halnya dengan kondisi tubuh, dalam 24 jam kondisi otak juga memiliki ritme kerja. Hal ini baik untuk diketahui agar kamu dapat memaksimalkan pekerjaanmu sehari- hari. Jadi kapan waktu terbaik untuk bekerja sama dengan otak kita? Melansir dari Health.MSN, yuk, mulai kenali waktu-waktunya. 


Latihan fisik dan kinerja otak juga membantu otak berkinerja Dalam jangka panjang, latihan fisik berguna untuk otak dengan:
• menambah aliran darah dan oksigen ke otak
menambah faktor pertumbuhan yang membantu
• menciptakan sel saraf yang baru dan memperbaiki keliatan sinaps
• menambah bahan kimia di otak yang membantu kognisi, seperti dopamin, glutamat, norepinefrin, dan serotonin

Jam 7-9 pagi 
Waktu ini menjadi saat yang tepat untuk menaikkan mood-mu. Bisa diisi dengan olahraga ringan, sarapan pagi atau hal yang membuat mood mu meningkat secara positif. 

Jam 9-11 siang 
Pada waktu ini, otak memproduksi hormon kortisol yang berfungsi untuk memfokuskan pikiran. Sehingga waktu ini menjadi waktu yang baik untuk belajar (sekolah) mengerjakan tugas, dan segala hal lain yang membutuhkan konsentrasi. 

Jam 11-2 siang 
Pada jam ini, disarankan untuk mulai mengerjakan pekerjaan yang sulit, karena pada waktu ini, hormon melatonin atau hormon tidur telah menurun, dan kondisi tubuh pun menjadi lebih siap untuk berhadapan dengan hal yang lebih sulit. 

Jam 2-3 siang 
Setelah makan siang, asupan oksigen ke otak memang sedikit berkurang, dan menyebabkan kita menjadi cepat mengantuk. Pada waktu ini, tidak ada salahnya utuk mengistirahatkan dirimu sebentar dengan tidur siang yang efektif untuk membantu mengembalikan fungsi maksimal otak dengan tidur selama 15-30 menit. 

Jam 5-6 sore 
Semakin sore, sebenarnya otak kita semakin lemah untuk diajak bekerja sama. Pada waktu ini, kamu masih bisa terus mengerjakan tugas-tugasmu, meskipun otak tidak setajam waktu sebelumnya. 

Jam 6 sore - 8 malam 
Pada waktu ini, otak sudah masuk dalam masa 'pemeliharaan', yang berarti produksi hormon melatonin atau hormon tidur berada di level yang rendah. Pada waktu ini, tidak ada salahnya untuk melakukan quality time dengan keluarga, teman, ataupun diri sendiri setelah melakukan banyak tugas seharian. 

Jam 8-9 malam 
Badan sudah lelah, otak pun sama lelahnya pada waktu ini. Kamu butuh waktu untuk bersantai. Mengisi kegiatan yang bermanfaat dan positif dalam secara rileks. Hal ini perlu dilakukan agar kinerja otakmu kembali optimal keesokan harinya. 

Jam 9 malam 
Jam 9 Malam ke atas, Waktu ini menjadi waktu yang tepat untuk tidur.
Semoga artikel ini bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel