-->

Manfaat tidur siang atau Qailullah bisa meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat tidur siang atau Qailullah bisa meningkatkan imunitas tubuh
Manfaat dari tidur siang atau Qailullah bisa meningkatkan imunitas tubuh kita dan supaya badan lebih fresh ketika bangun karena di tengah virus corona COVID-19 yang sudah jadi pandemi, kita memang harus menjaga kesehatan agar sistem imunitas tubuh tetap terjaga. Ketika sistem kekebalan tubuh menurun, kita menjadi rentan terhadap penyakit. Saat ini, virus Corona COVID-19 belum memiliki penangkal, dan satu-satunya cara kalau sudah tertular adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak sakit.


Banyak cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan salah satunya adalah dengan tidur siang. Dilansir dari Readers Digest yang menjabarkan buku "The Secrets of People Who Never Sick", setidaknya ada empat tips agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga, salah satunya adalah tidur siang. Kurang tidur bisa menyebabkan penambahan berat badan, mengarah ke sistem kekebalan tubuh yang terganggu dan meningkatkan produksi kortisol, hormon yang memicu stres.

Hal itu dikemukakan profesor psikologi di Universitas Southern California, Sarnoff Mednick. Seperti yang disebutkan oleh Gene Stone dalam bukunya, 'The Secrets of People Who Never Sick', tidur siang akan membuat orang dewasa tidak pernah menderita pilek atau flu.

Dalam Islam sendiri tidur siang atau istirahat siang dikenal dengan istilah "Qailulah" dan ini adalah sunnah Nabi Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda, "Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang." [HR. Abu Nuaim] Demikian juga perbuatan para sahabat. "Pernah suatu ketika ada orang-orang Quraisy yang duduk di depan pintu Ibnu Mas'ud. Ketika tengah hari, Ibnu Mas'ud mengatakan, "Bangkitlah kalian (untuk istirahat siang), Yang tertinggal hanyalah bagian untuk setan." Kemudian tidaklah Umar melewati seorang pun kecuali menyuruhnya bangkit." [HR. Bukhari dalam Adabul Mufrad]

semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan selalu jaga kesehatan tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit lebih baik mencegah daripada mengobati

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


lihat juga: info menarik

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


lihat juga: webdonlot