-->

Keutamaan hari Senin dan Kamis dibukanya pintu surga

Keutamaan hari Senin dan Kamis dibukanya pintu surga
Keutamaan hari Senin dan Kamis banyak sekali manfaatnya baik di dunia maupun di akhirat dan jangan sampai membenci Hari Senin, apalagi hanya karena perkara Dunia. Sangat merugi, mengingat banyaknya keutamaan di hari ini. Berikut Ini Keutamaan Hari senin yang perlu Kita ketahui:


1. Hari dibukanya Pintu Syurga. Dalam hadits Abu Hurairah berikut, Rasulullah bersabda, "Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai." (HR. Muslim no. 2565).

2. Hari Dilahirkan Dan diutusnya Rasulullah Dan Diturunkannya Al Qur'an. Dari Abu Qatadah Al Anshari radhiyallahu 'anhu, Rasulullah pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab, "Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku." (HR. Muslim no. 1162)

3. hari senin dan kamis yang merupakan hari dihadapkannya Amal perbuatan. Jadi janganlah Mengeluh, karena Mengeluh pertanda Tak bersyukur. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah bersabda, "Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa." (HR. Tirmidzi no. 747.) Jadi, masih membenci Hari senin? Pastikan didalam laporan amalanmu hari ini, salah satunya adalah bersyukur!

Berdoa kepada Allah SWT dan jangan pernah berburuk sangka 
Jangan pernah berburuk sangka kepada Dia Yang Maha Mengabulkan Do'a. "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu." (QS. Al Mu'minun : 60) Abu Sa'id Radhiyallahu 'anhu berkata, Rasulullah bersabda, "Tidak ada seorang pun yang berdoa dengan sebuah doa yang tidak ada dosa di dalamnya dan memutuskan silaturrahim, melainkan Allah akan mengabulkan salah satu dari tiga perkara,
[1] Baik dengan disegerakan baginya (pengabulan doanya) di dunia atau,
[2] Dengan disimpan baginya (pengabulan doanya) di akhirat, atau
[3] Dengan dijauhkan dari keburukan semisalnya." (HR. Ahmad dengan sanad Jayyid)

1. Allah Mengabulkan Secara Langsung Ketika kita berdoa kepada Allah, maka Allah SWT bisa saja mengabulkan doa yg kita minta secara langsung. Doa yg berisi kebaikan, agar apa yang menjadi impian bisa segera tercapai maka bisa saja melalui usaha yang kita lakukan, dan dalam waktu singkat Allah memudahkan jalan untuk mencapainya.

2. Allah Menunda Untuk Mengabulkan Doa Tersebut. Ini artinya Allah memang menunda doa yang kita panjatkan sampai batas waktu yang dikehendaki-Nya. Dimana doa kita ini akan dikabulkan asalkan kita mau bersabar. Semisal jika di tahun ini kita berdoa agar dimudahkan jalan untuk mencari rizki, namun secara tak terduga Allah memberikan rizki tersebut di tahun yang akan datang. Sehingga kita bisa terus bersabar dan berusaha serta terus berdoa. Maka Allah pun memilihkan waktu terbaik untuk mengabulkan doa tersebut.

3. Allah Menggantikan Doa Tersebut Allah bisa saja menyempurnakan doa yang kita panjatkan, atau menggantikannya dengan suatu hal yang lebih baik. Karena bisa saja doa yang kita panjatkan tidak dikehendaki Allah karena bisa berdampak buruk bagi diri kita, maka Allah menggantikannya dengan suatu hal yang lebih baik. Sebagaimana firmanNya, "Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (QS. Al-Baqarah :216) -

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel