-->

Tips Cara menyembuhkan mata minus secara alami dan cepat

Terlalu lama menatap layar komputer atau ponsel akan membuat mata anda cepat lelah dan berkunang-kunang, penglihatan kabur dan sakit kepala. Kondisi ini disebut dengan computer vision syndrome (CVS). CVS dapat merusak penglihatan, gejalanya ditandai dari penglihatan kabur, mata lelah, sakit kepala, sakit leher dan mata kering,
Cara menyembuhkan mata minus dengan cepat dan memastikan mata tetap sehat, lakukan pemeriksaan mata secara rutin setiap 6 bulan sekali. Ini karena tidak semua penyakit mata memiliki keluhan. Misalnya saja glaukoma. 

Meskipun tak bergejala, tapi penyakit tersebut bisa menyebabkan kebutaan. Dengan pemeriksaan mata secara rutin, penyakit mata dapat terdeteksi sedini mungkin, sehingga tingkat kesembuhannya pun lebih baik. Kontribusi mata terhadap kehidupan setiap orang begitu besar. Karenanya, rawatlah kesehatan mata dengan baik, dengan melakukan cara-cara di atas. Selain itu, ubahlah pola hidup Anda menjadi lebih sehat sehingga tak hanya kesehatan mata, kesehatan tubuh pun turut terjaga.


Entah karena pekerjaan atau kebiasaan, cobalah untuk tidak menatap layar komputer, laptop, smartphone, atau televisi terlalu lama. Kebiasaan ini bisa membuat pandangan kabur, mata sulit fokus, mata kering, hingga nyeri kepala dan tengkuk. Untuk anak-anak, kebiasaan ini juga berpotensi menyebabkan mata minus makin bertambah. American Academy of Dermatology menganjurkan, lakukan aturan 20-20-20. Artinya, setiap 20 menit alihkan pandangan Anda sejauh 20 feet (sekitar 6 meter), selama paling tidak 20 detik.

Lindungi mata dengan kacamata
Paparan berlebih sinar ultraviolet (UV) dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada mata, seperti katarak dan degenerasi makular. Oleh karena itu, lindungi mata pada siang hari dengan menggunakan kacamata hitam yang memiliki proteksi terhadap sinar UV.

Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin
Dalam menu harian, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3, lutein, zink, vitamin C, dan vitamin E. Gunanya adalah agar Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit mata seperti degenerasi makular (yaitu gangguan pada retina mata akibat pertambahan usia) dan katarak. Anda dapat memenuhi kebutuhan zat-zat gizi tersebut dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti kangkung, bayam, brokoli, dan masih banyak lagi. Konsumsi juga ikan laut yang tinggi omega-3 seperti salmon, tuna, telur, dan kacang-kacangan. Jangan lupa buah, ya! Konsumsilah lemon, jeruk, atau stroberi demi kesehatan mata.

Tips untuk menjaga mata tetap sehat
1. Kedipkan mata selama dua menit Dengan berkedip selama dua menit, maka itu akan membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam matamu. Lakukan gerakan ini di rumah atau pas kamu lagi sendirian. Kalau kamu lakukan ini di sekolah atau kantor, nanti kamu disangka aneh lagi.

2. Lihat ke arah kanan, lalu alihkan pandangan ke arah kiri secara perlahan Lakukan juga gerakan yang sama, tapi dengan arah sebaliknya.

3. Gerakkan pandanganmu ke empat arah yang berbeda Kamu bisa memulai dengan menggeser pandanganmu dari yang asalnya melihat ke arah kanan jadi ke kiri, kemudian dari atas ke bawah. Buat gerakan melingkar, seolah-olah kamu membentuk angka 8 dengan memakai arah pandangan matamu.

4. Cobalah membuat bentuk geometris simpel dengan memakai pandangan mata Ya, cukup dengan menggerakkan pandangan mata, seolah mata kamu lagi memegang pulpen. Bentuk geometrisnya bisa berupa persegi, segitiga, dan lingkaran. Jika sudah, kamu bisa lanjutkan dengan bentuk yang lebih rumit.

5. Tutup mata lalu gerakkan bola mata ke atas dan ke bawah dengan lambat dan perlahan Lima sampai sepuluh kali, terus ulangi gerakan ini.

6. Gunakan jarimu untuk menekan pelipis dengan lembut Ingat ya, lembut aja; jangan secara kasar. Tekan pelipis selama dua detik, lalu kamu ulangi lagi empat hingga lima kali. Gerakan ini nantinya akan membantu melancarkan aliran cairan intraokular.

7. Selama tiga - lima detik, tutup rapat matamu. Lalu buka! Lakukan gerakan ini sampai tujuh kali. Dengan gerakan ini, otot mata kamu bakal jadi rileks dan sirkulasi darah di mata juga jadi lancar.

8. Tutup mata, lalu berusahalah untuk rileks Kondisi yang gelap dipercaya bisa memperkuat sel fotoreseptor pada mata, sehingga daya penglihatan mata akan lebih tajam.

9. Berdiri tegak miringkan badan ke kanan dan ke kiri sebanyak sepuluh kali ( seperti melakukan senam)
10. Cipratkan air secukupnya hingga membasahi kedua mata. Membasuh mata sebelah kanan dan kiri secara berbarengan dengan air yang segar hingga membasahi kedua kelopak mata.

11. Pijat daerah sekeliling mata dengan satu jari dari tiap tangan secara bersama- sama sebanyak sepuluh kali boleh lebih.

12. Berdoa mohon kesembuhan kepada Allah Setelah kita melakukan 3 tips diatas yang dianjurkan Rasulullah ada baiknya kita berdoa memohon kesembuhan karna tindakan yang dilakukan tanpa doa adalah sia-sia Insya Allah sembuh.

Dengan metode Thibbun Nabawi
Ikhtiar untuk mendapatkan kesembuhan dari penyakit yang diderita bisa dilakukan dengan berbagai cara yang baik. Salah satu yang utama adalah dengan menggunakan Thibbun Nabawi, namun selain itu, seseorang juga bisa berikhtiar atas penyakitnya dengan bersedekah.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah." (HR. Abu Dawud, At Thabarani dan Al Baihaqi, dihasankan oleh Syaikh Al-AIBani dalam Shahihul Jami').

Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat yang lagi mencari solusi untuk menyembuhkan mata minus secara alami tanpa efek samping.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel