-->

Kisah dan keutamaan gunung Uhud yang kelak berada di surga

Kisah dan keutamaan gunung Uhud yang kelak berada di surga
Gunung Uhud merupakan salah satu dari sekian gunung yang kelak berada di surga dan Gua Uhud merupakan gua tempat Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam dirawat usai perang Uhud. Gua tersebut terletak di ketinggian sekitar 30 meter dari dasar Jabal Uhud. Dari lokasi perang Uhud jaraknya tak sampai 500 meter. Gua tersebut sangat harum, Konon bau wangi goa ini adalah dari darah Nabi yang bercucuran usai terluka saat perang Uhud (wallahu'alam). Di Gua inilah Nabi Muhammad dirawat oleh para sahabat Nabi.


Dalam sejarah Islam Nabi Muhammad terluka parah saat menghadapi Perang Uhud, dalam kondisi yang sangat kritis itu, "Utbah bin Abi Waqqash melempar Nabi Muhammad dengan batu sehingga terjatuh, membuka seri gigi bawah, dan melukai di bawahnya. Abdullah Abdullah Syihab Al Zuhry tiba-tiba memutuskan Muhammad dan memukul sampai keningnya terluka, tidak hanya datang saja oleh Abdullah bin Qami'ah seorang penunggang kuda
mengayunkan pedang ke bahu Nabi dengan pukulan yang keras,pukulan pedang itu tidak sampai menembus dan merusak baju besi yang ia kenakan.

Lalu kembali Abdullah bin Syihab Al Zuhry memukul di bagian tulang pipi Nabi hingga ada dua keping lingkaran rantai topi besi yang terlepas menembus pipi Nabi Muhammad dan akibat pukulan pedang itu ia mengalami kesakitan selama sebulan. alle Peristiwa lain yang dialami oleh Nabi Muhammad , bahwa beliau-pun mengalami sakit demam, bahkan menurut hadits dikisahkan demamnya lebih parah, melebihi demam yang dialami dua orang dewasa. Sebagaimana yang pernah diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas'ud.

Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam pernah bersabda: 'Bukit Uhud ialah salah satu dari bukit-bukit yang  terdapat di surga"," demikian hadis yang diriwayatkan HR Bukhari.

Gunung Uhud (bahasa Arab) adalah sebuah gunung di utara Madinah dengan ketinggian sekitar 350 meter. Gunung ini adalah lokasi pertempuran kedua antara Muslim dan pasukan Mekah. Pertempuran Uhud terjadi pada tanggal 23 Maret 625 Masehi, antara sejumlah kecil komunitas Muslim dari Madinah, tempat di barat laut Jazirah Arab, dengan kekuatan dari Mekah. Gunung Uhud terbentuk dari batu granit warna merah memanjang dari tenggara ke barat laut dengan panjang tujuh kilometer dan lebar hampir tiga kilometer. Gunung ini adalah gunung terbesar dan tertinggi di Madinah. Di kaki gunung bagian selatan terdapat pemakaman para syuhada, salah satunya adalah Hamzah bin Abdul-Muththalib paman dan saudara sepersusuan Nabi Muhammad SAW.

Tak seperti gunung atau bukit lainnya di Kota Madinah, Jabal Uhud memiliki keistimewaan tersendiri. Bahkan Jabal Uhud adalah salah satu bukit yang dijanjikan kelak ada di surga. " Jika kita hendak melihat bukit yang terdapat di surga, maka ziarahlah ke Bukit Uhud. Nabi SAW bersabda, 'Bukit Uhud ialah salah satu dari bukit-bukit yang terdapat di surga'," demikian hadis yang diriwayatkan HR Bukhari. Bukit Uhud atau Jabal Uhud ialah sebuah bukit berjarak 5 kilometer di sebelah utara Kota Madinah dengan elevasi keagungannya sekitar 1.077 meter di atas permukaan laut. Bukit ini selalu diingat oleh umat Islam sebab di lembah gunung ini pernah terjadi pertempuran besar antara pejuang Islam dan kaum kafır Quraisy pada 15 Syawal 3 Hijriah (Maret 625 Masehi) yang mengakibatkan 70 pejuang Islam mati secara syahid. Semoga kelak kita bisa berziarah ke sana aamiin

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


lihat juga: info menarik

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


lihat juga: webdonlot