-->

Featured Posts


Cara menguji kecepatan website dengan pagespeed insights

Siapa yang tidak ingin website atau blog yang kita kelola mempunyai kecepatan atau fast loading di atas rata-rata. Pastinya semua orang ingin mempunyai sebuah blog yang gampang ditemukan. ketika orang mencari sesuatu yang mereka cari di internet. Tentunya blog yang kita kelola bisa muncul dengan hasil yang relevan. Tapi jika blog anda lambat dalam memuat halaman pasti sangat menjengkelkan dan tentunya pengunjung bakal kabur karena proses loading yang lama. apa penyebabnya? Penyebabnya bisa berbagi macam, misalkan terlalu banyak widget,  untuk dapat melihat kecepatan sebuah website atau blog cukup masuk ke pagespeed insights dan masukan nama website atau blog. 


disitu akan terlihat semua data tentang website atau blog, seperti first contentful paint atau(fcp) ialah cat konten pertama yang dilacak dibagian kinerja laporan mercusuar, setiap metrik menangkap beberapa aspek kecepatan pemuatan halaman.

apa yang diukur fcp?
fcp mengukur beberapa laman browser untuk merender bagian pertama dari konten DOM setelah pengguna
menapigasi ke halaman anda, seperti gambar,<canvas>elemen non-putih, dan SVG dihalaman kalian dianggap sebagai konten DOM: apapun didalam iframe tidak termasuk.
bagaimana Lighthouse menentukan skor FCP
skor FCP kalian adalah perbandingan waktu FCP dan waktu FCP halaman kalian dengan situs web nyata. berdasrkan data dari arsip http, misalnya, situs yang tampil dalam persentil sembilan puluh sembilan membuat FCP dalam waktu sekitar 1,5 detik. jika FCP situs web kalian adalah 1,5 detik maka skor FCP kailan adalah 99.
tabel ini menunjukan bagaimana menafsirkan skor FCP kalian:

waktu FCP(dalam detik) pengodean warna
0-2 hijau(CEPAT)
2-4 oranye(rata-rata)
lebih dari 4 merah(lambat)

indeks kecepatan
indeks kecepatan adalah slah stu dari enam metrik yang dilacak bagian kinerja laporan mercusuar.
setiap metrik menangkap beberapa aspek kecepatan pemuatan halaman.
mercusuar menampilkan indeks kecepatan dalam hitungan detik.

apa yang diukur indeks kecepatan ?
indeks kecepatan mengukur seberapa cepat konten ditampilkan secara visual selama pemuatan halaman.
Lighthouse pertama-tama merekam video pemuatan halaman di browser dan menghitung progres visual antar frame, mercusuar kemududian menggunakan modul speedline Node.js untuk menghasilkan skor indeks kecepatan

bagaimana Lighthouse menentukan skor indeks kecepatan

skor indeks kecepatan adalah perbandingan indeks kecepatan halaman kalian dan indeks kecepatan situs web nyata, berdasrkan data dari arsip http.
tabel ini menunjukan bagaimana menafsirkan skor indeks kecepatan kalian.

indeks kecepatan(dalam detik) pengodean warna

0-4.3 hijau(CEPAT)
4.4-5.8 oranye(rata-rata)
lebih dari 5.8 merah(lambat)

waktu interaktif
time to interactive(TTI) adalah salah satu dari enam metrik yang dilacak dibagian kinerja laporan mercusuar, setiap metrik menangkap beberapa aspek kecepatan pemuatan halaman.
mengukur TTI pentng karena bebrapa situs mengoptimalkan visibilitas konten dengan mengorbankan interaktivitassehingga ini dapat menciptakan pengalaman pengguna yang membuat pengguna frustasi:situs tampaknya siap, tetapu ketika pengguna mencoba berintraksi denganya tidak ada yang terjadi

apa yang diukur oleh TTI

TTI mengukur berapa lama sebuah halaman menjadi sepenuhnya interaktif, halaman dianggap sepenuhnya inetraktif saat:

• halaman ini menampilkan konten yang bermanfaat, yang diukur dengan cat konten pertama
• penanganan acara terdaftar untuk sebagian besar elemen halaman yang terlihat dan
• halaman merespons interaksi pengguna dalam 5 detik.

first meaningful paint(FMP)
First meaningful paint(FMP) adalah slah satu dari enam metrik yang dilacak dibagian kinerja laporan mercusuar, setiap metrik menangkap beberapa aspek kecepatan pemuatan halaman.

apa yang diukur FMP ?
FMP mengukur kapan konten utama suatu halaman terlihat oleh pengguna, skor mentah untuk FMP adalah waktu dalam detik antara pengguna yang memulai pemuatan halaman dan halaman yang merender konten utama yang terlipat diatas, FMP pada dasarnya menunjukan waktu cat setelah perubahan tata letak atas-lipat terbesar terjadi.

cat konten pertama(FCP) dan FMP sering kali terlihat sama ketika bit pertama dari konten yang diberikan pada halaman menyertakan konten diatas flip. namun, metrik ini dapat berbeda ketika, misalnya ada konten diatas flip dalam iframe.<br>
FMP mendaftar ketika konten dalam iframe terlihat oleh pengguna, sementara FCP tidak menyertakan konten dalam iframe.

Jika artikel ini bermanfaat bagikan keteman-teman kalian ya..dan semoga menjadi ilmu pengetahuan buat kita semua, kalau kalian kurang faham bisa bertanya lewat kolom komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel